Ada Kapal 'Transparan', Wisatawan Bisa Lihat Pemandangan Bawah Laut Likupang

ADVERTISEMENT

Ada Kapal 'Transparan', Wisatawan Bisa Lihat Pemandangan Bawah Laut Likupang

Almadinah Putri Brilian - detikFinance
Jumat, 20 Jan 2023 13:51 WIB
Dukung Pariwisata Likupang, Kemenhub Siapkan Kapal Wisata Bottom Glass
Ada Kapal 'Transparan', Wisatawan Bisa Lihat Pemandangan Bawah Laut Likupang/Foto: Dok. Kemenhub
Jakarta -

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut memberikan dua buah kapal bottom glass guna mendukung konektivitas Destinasi Wisata Super Prioritas di Likupang, Sulawesi Utara.

Kapal tersebut merupakan karya putra putri Indonesia yang dilengkapi dengan kaca pada bagian bawah, sehingga pengunjung bisa menikmati pemandangan di bawah air.

"Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah membangun empat unit kapal wisata bottom glass yang telah selesai pembangunannya pada tahun 2022, dua unit ditempatkan di Labuan Bajo dan dua unit lagi ditempatkan di Likupang yang saat ini masih proses hibah ke Pemerintah Daerah," jelas Direktur Jenderal Perhubungan Laut Arif Toha dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat (20/1/2023).

Kepala UPP Kelas III Likupang Moh Qowi mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang melakukan kunjungan kerja ke Sulawesi Utara. Dalam kunjungannya tersebut, Jokowi berkesempatan untuk melihat dan naik ke kapal wisata bottom glass serta memberikan apresiasi atas kondisi kapal tersebut yang terawat dengan baik dan bersih.

Lebih lanjut, Qowi menuturkan, sesuai agenda, saat kunjungan Presiden ke Taman Wisata Nasional Bunaken pada hari ini 20 Januari 2023, Kapal Wisata Bottom Glass yang akan dipergunakan adalah kapal Bottom Glass Nirmala Bahari 1.

"Kapal Wisata Bottom Glass Nirmala Bahari 1 diberangkatkan menuju Taman Wisata Nasional Bunaken untuk dipergunakan Bapak Presiden dalam kunjungan kerja di Pulau Bunaken pada Jumat, 20 Januari 2023," ujar Qowi.

Di saat yang sama Qowi mengatakan, Presiden juga mengapresiasi kinerja Kementerian Perhubungan yang telah melakukan pengembangan pelabuhan di Likupang dalam rangka mendukung program Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

"Bapak Presiden juga mengapresiasi kinerja Kementerian Perhubungan yang telah melakukan pengembangan fasilitas Pelabuhan Likupang dalam mendukung DPSP Likupang yang dimana saat ini masih dalam tahap pengembangan dan direncanakan akan selesai pada Tahun Anggaran 2023," tutup Qowi.

Sebagai informasi, Kapal wisata bottom glass memiliki panjang kapal 23,1 meter yang dilengkapi dengan kaca pada bagian bawah dan dapat menampung 44 orang dan 7 anak buah kapal (ABK).

Hadir mendampingi Presiden Joko Widodo di Pelabuhan Likupang adalah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Bupati Kabupaten Minahasa Utara Joune, Kepala Kantor UPP Kelas III Likupang Moh Qowi dan Sekretaris Daerah Novly Wowiling.

(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT