Ini Daftar Orang Terkaya RI yang Rayakan Imlek

ADVERTISEMENT

Ini Daftar Orang Terkaya RI yang Rayakan Imlek

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 22 Jan 2023 20:45 WIB
Banner Curhat Orang Terkaya RI
Foto: HaiBunda/Annisa Shofia
Jakarta -

Tahun baru Imlek menjadi momen yang dirayakan oleh masyarakat China setiap tahunnya. Momen ini juga dirayakan oleh masyarakat keturunan Tionghoa.

Di Indonesia sendiri, ada pengusaha kelas atas, bahkan masuk daftar orang terkaya yang besar kemungkinan besar merayakan Imlek. Berikut daftarnya dirangkum detikcom, Minggu (22/1/2023):

1. R Budi Hartono & Michael Hartono

Dua kakak beradik ini merupakan keturunan Tionghoa dan merupakan orang terkaya di Indonesia. Forbes menempatkan mereka di posisi teratas orang terkaya pada tahun 2022 dengan jumlah kekayaan US$ 47,7 miliar.

Kekayaan dua kakak beradik ini di antaranya berasal dari rokok melalui Djarum Grup, bank BCA hingga e-commerce Blibli.

2. Low Tuck Kwong

Pria keturunan Tionghoa kelahiran Singapura berada di urutan kedua dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Low Tuck Kwong kaya raya berkat batu bara melalui perusahaan yang ia dirikan yakni Bayan Resources.

Berdasarkan Forbes, Low Tuck Kwong tercatat memiliki kekayaan bersih US$ 12,1 miliar.

3. Anthoni Salim

Anthoni Salim berada di urutan kelima dalam daftar orang terkaya versi Forbes tahun lalu. Nilai kekayaannya tercatat sebesar US$ 7,5 miliar.

Ia merupakan pemilik Grup Salim yang menaungi sejumlah emiten seperti PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) dan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP). Anthoni merupakan bungsu dari tiga bersaudara anak Liem Sioe Liong (Sudono Salim) yang merupakan generasi pertama Keluarga Salim.

4. Boenjamin Setiawan

Ia merupakan orang di balik salah satu perusahaan farmasi terbesar di Indonesia, Kalbe Farma. Ia berada di urutan nomor 8 orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan US$ 4,8 miliar.

5. Tahir & Keluarga

Dato Sri Tahir dikenal sebagai pengusaha nasional keturunan Tionghoa. Forbes mencatat, kekayaan Tahir mencapai US$ 4,2 miliar dan menempatkannya di urutan ke-9 orang terkaya di Indonesia. Tahir merupakan pendiri Mayapada Group.

(acd/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT