Pujian Erick ke Cleaning Service Stasiun Yogya yang Kembalikan Temuan Uang Rp 44 Juta

ADVERTISEMENT

Pujian Erick ke Cleaning Service Stasiun Yogya yang Kembalikan Temuan Uang Rp 44 Juta

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 24 Jan 2023 11:03 WIB
Petugas kepolisian menata barang bukti mata uang rupiah palsu saat rilis pengungkapan kejahatan mata uang palsu di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Selasa (1/3/2022). Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri berhasil mengungkap kejahatan uang palsu dengan barang bukti berupa 494.904 lembar mata uang rupiah pecahan Rp100.000 dan mata uang dolar pecahan USD 100 serta mengamankan 12 orang tersangka di dua wilayah berbeda. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.
Ilustrasi Penemuan Uang (Foto: ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir menyoroti aksi seorang petugas kebersihan Stasiun Tugu Yogyakarta bernama Sudaryanto menemukan tas yang berisi uang Rp 44 juta. Warga Kabupaten Sleman langsung mengamankan tas tersebut ke pihak keamanan untuk dikembalikan ke pemiliknya.

Dilansir dari detikJateng peristiwa itu terjadi pada Sabtu 21 Januari 2023 kemarin. Hari itu, Sudaryanto sedang mengepel lantai di dekat area mesin cetak tiket. Tiba-tiba Sudaryanto melihat sebuah tas selempang yang tertinggal, dia pun langsung melapor dan menyerahkan tas itu ke Pos pengamanan.

Selanjutnya petugas pengamanan mengecek tas tersebut. Ternyata di dalam tas itu terdapat uang sebanyak Rp 44.108.000 serta sebuah handphone.

"Saya temukan tas di depan area cetak tiket lalu saya kasih ke pos keamanan. Pas nemu (menemukan) nggak berani buka. Lalu dibuka sama 4 orang sebagai saksi ternyata isinya uang. Totalnya itu sekitar Rp 40 jutaan," kata Sudaryanto.

Petugas kemudian membuat pemberitahuan dan tak berselang lama pemilik tas itu mendatangi pos pengamanan. Tas itu dikembalikan dalam keadaan utuh.

Erick Thohir pun mengapresiasi apa yang dilakukan Sudaryanto yang tidak mengambil apa yang bukan menjadi haknya. Menurut Erick Sudaryanto telah memegang teguh amanah sebagai tenaga kebersihan di Stasiun Tugu Yogyakarta.

"Apresiasi setinggi-tingginya atas kejujuran Mas Sudaryanto. Ia memegang teguh amanah sebagai tenaga kebersihan di Stasiun Tugu Yogyakarta," ungkap Erick dalam unggahan Instagram-nya, @erick.thohir, Selasa (24/1/2023).

Menurutnya, apa yang dilakukan Sudaryanto adalah bentuk dari implementasi prinisp AKHLAK yang harus diterapkan semua insan BUMN, bahkan meskipun cuma seorang petugas kebersihan.

Prinsip AKHLAK sendiri merupakan enam nilai yang harus diterapkan semua karyawan BUMN. Mulai dari amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif,

"Ini yang saya harapkan dapat ditiru insan BUMN lainnya," kata Erick.

"Salam sehat Mas Sudaryanto. Semoga suatu saat kita bisa bertemu di Stasiun Tugu," tutupnya.

(hal/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT