Zulhas Buka-bukaan Jurus Biar Cuan UMKM Makin Gede

ADVERTISEMENT

Zulhas Buka-bukaan Jurus Biar Cuan UMKM Makin Gede

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 25 Jan 2023 16:10 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dalam Business Dialogue Himpunan Pengusaha Nahdliyin yang menghadirkan para pelaku UMKM dari kalangan Nahdliyin di Jakarta (25/1)
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan/Foto: Dok. Kemendag
Jakarta -

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) menegaskan komitmennya untuk mendukung para pelaku usaha khususnya UMKM agar dapat berkembang dan terus berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

"Tidak banyak orang yang berani dan siap untuk terjun jadi pengusaha. Persentase pengusaha di Indonesia pun kurang lebih masih di angka 3%, masih terbilang sedikit. Untuk itu perlu didukung agar bisa maju dan berkembang, khususnya UMKM," kata Zulhas dalam Business Dialogue Himpunan Pengusaha Nahdliyin melalui keterangan tertulis, Rabu (25/1/2023).

Khusus untuk UMKM, Zulhas menegaskan bahwa membantu UMKM Indonesia tumbuh adalah komitmen bersama yang harus terus dijaga. "Untuk itu diperlukan langkah-langkah strategis dan nyata yang mampu membuat UMKM kita maju." lanjutnya.

Zulhas pun menjelaskan langkah-langkah strategis yang pihaknya sedang kerjakan. Pertama, Kementerian Perdagangan akan terus berupaya menyambungkan pelaku UMKM dengan ritel modern.

Menurut Zulhas, tujuan menghubungkan UMKM setidaknya ada dua yakni memastikan produk-produk UMKM bisa dipasarkan di ritel modern, serta memastikan agar ritel modern mau menjadi supplier bagi warung-warung kecil di kampung-kampung dengan harga terjangkau.

Kedua, memberikan para pelaku UMKM dukungan dengan dipermudahnya akses permodalan termasuk dari perbankan nasional. Ketiga, Zulhas menekankan pentingnya para pelaku UMKM punya daya adaptasi yang baik terhadap kemajuan teknologi khususnya perkembangan perdagangan digital melalui berbagai marketplace

"Kemajuan teknologi ini adalah keniscayaan, para pelaku UMKM tidak bisa tidak adaptif. Marketplace ini sangat bisa membantu proses pemasaran produk UMKM serta mendorong peningkatan omzet," tuturnya.

(aid/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT