Giliran Raksasa Teknologi IBM PHK 3.900 Karyawan

ADVERTISEMENT

Giliran Raksasa Teknologi IBM PHK 3.900 Karyawan

Almadinah Putri Brilian - detikFinance
Kamis, 26 Jan 2023 10:17 WIB
The logo of IBM is seen on a computer screen in Los Angeles, California, United States, April 22, 2016. REUTERS/Lucy Nicholson/File Photo
Foto: Reuters/Lucy Nicholson
Jakarta -

Badai pemutusan hubungan kerja (PHK) masih melanda dunia. Kini giliran perusahaan teknologi IBM Corp yang lakukan PHK terhadap 3.900 karyawan.

PHK dilakukan sebagai bagian dari pengurangan aset dan pendapatan kuartal keempat yang datar. Meski demikian, Kepala Keuangan James Kavanaugh mengaku akan terus merekrut orang.

"(Kami) berkomitmen untuk merekrut untuk penelitian dan pengembangan yang dihadapi klien," katanya, dikutip Reuters, Kamis (26/1/2023).

PHK tersebut membuat IBM harus mengeluarkan uang US$ 300 juta pada periode Januari-Maret untuk membayar karyawan yang terkena PHK.

Perusahaan ini memperkirakan adanya pertumbuhan pendapatan tahunan. Pada Oktober tahun lalu, IBM menandai pelemahan dalam pemesanan baru di Eropa Barat, sementara rekan Accenture Plc juga mencatat pelemahan bisnis konsultasinya. Cognizant Technology Solutions Corp pada bulan November memangkas perkiraan tahun 2022 karena mundurnya kontrak.

Walau demikian, Kavanaugh menuturkan perusahaan melihat bisnisnya tumbuh dalam hal pengeluaran cloud. Penandatanganan kesepakatan berlipat ganda pada 2022 untuk menyiapkan layanan dengan mitra seperti AWS Amazon.com dan Azure Microsoft.

Pendapatan dari hybrid cloud naik 2% pada kuartal akhir, 31 Desember 2022. Pada periode tersebut, total pendapatan IBM yaitu US$ 16,69 miliar, lebih tinggi dari perkiraan analis yaitu US$ 16,40 miliar, menurut Refinitiv.

(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT