5 KRD Senilai Rp 19,4 Miliar Meluncur di Rute Solo-Yogya

- detikFinance
Sabtu, 16 Feb 2008 15:01 WIB
Jakarta - Lintasan kereta api Solo - Yogyakarta mendapat tambahan 5 unit Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE). Kereta yang dibuat PT INKA itu menghabiskan anggaran Rp 19,4 miliar.

Menteri Perhubungan Jusman Syafi'i Jamal meresmikan pengoperasian 5 unit KRDE itu di Stasiun Balapan - Solo, Jawa Tengah, Sabtu 16 Februari 2008 seperti dikutip dari Puskompublik dephub.

KRDE tersebut selanjutnya akan dioperasikan di lintas Solo - Yogyakarta untuk menambah layanan KRDE Prambanan Ekspres (KRDE Prameks) dan di lintas Yogyakarta - Kutoarjo yang merupakan layanan baru.

Lintas Solo - Yogyakarta selama ini telah dilayani oleh 1 rangkaian KRDE Prameks, sementara itu lintas baru Yogyakarta - Kutoarjo, direncanakan akan ada 4 kali frekwensi layanan KRDE setiap harinya.

Keputusan pemerintah pusat untuk menyerahkan KRDE ini untuk dioperasikan di wilayah Solo - Jogya - Kutoarjo merupakan salah satu wujud komitmen pemerintah untuk meningkatkan pelayanan jasa transportasi kereta api perkotaan (komuter) kepada masyarakat di wilayah ini.

Diharapkan dengan adanya KRDE ini mobilisasi masyarakat sekitar Solo - Yogya akan lebih meningkat dan masyarakat dapat merasakan pelayanan yang lebih baik dan nyaman.

Jika keberadaan KRDE ini mampu memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar, diharapkan lambat-laun akan menumbuhkan kepercayaan masyarakat untuk memilih kereta api sebagai sarana transportasi komuter.

Hal ini penting mengingat angkutan kereta api memiliki karakteristik tersendiri dibandingkan moda angkutan darat lainnya antara lain lebih hemat energi, ramah lingkungan, bersifat massal, bebas dari kemacetan dan lain sebagainya. (ir/ir)