Follow detikFinance
Kamis, 08 Mei 2008 19:14 WIB

Bandara Pindah, Hotel di Medan Tambah Jumlah Kamar

- detikFinance
Medan - Rencana kepindahan Bandara Polonia Medan ke Kuala Namu, Deli Serdang, Sumatera Utara, mulai berefek pada industri perhotelan di Medan.

Sejumlah hotel baru tumbuh dan hotel lama berbenah dengan menambah jumlah kamar.

Ketua II Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Sumut, Bidang Investasi, Hendra Arbie menyatakan, perpindahan bandara ke luar pusat kota Medan, diprediksi akan menyebabkan pembangunan kota akan meningkat. Gedung-gedung tinggi pusat perkantoran akan semakin banyak.

"Selama ini tinggi gedung terbatas hingga 45 meter sebab bangunan tinggi akan mengganggu penerbangan. Jika bandara pindah dari pusat kota, tentu tidak akan ada masalah lagi. Hotel juga bisa menambah tinggi," kata Hendra Arbie dalam sebuah diskusi di Medan, Kamis (8/5/2008).

Hendra Arbie menyatakan, pertumbuhan ini juga akan mempengaruhi pertumbuhan jumlah kamar hotel berbintang. Hendra memperkirakan untuk kategori hotel berbintang tiga ke atas, jumlahnya pada akhir tahun 2008 akan menjadi sekitar 4.000 kamar. Jumlah kamar itu termasuk dari sejumlah hotel baru yang segera beroperasi di Medan. Antara lain JW Marriot dan Arya Duta.

Hotel lama seperti Garuda Plaza, hotel berbintang tiga yang berdiri sejak 1978, juga mulai berbenah. Koordinator Customer Relation Garuda Plaza Afwandi menyatakan, manajemen hotelnya melakukan penambahan sebanyak 100 kamar baru yang akan selesai enam bulan ke depan. Penambahan dengan investasi hampir Rp 50 miliar ini akan menggenapkan jumlah kamar hotel tersebut menjadi 250 kamar.

"Penambahan ini tidak bisa ditawar-tawar sebab dalam bisnis perhotelan yang dijual adalah service. Jika fasilistas tidak tersedia dengan baik, maka konsumen akan berpaling," kata Afwandi.

Saat ini, kata Afwandi, bertambahnya hotel baru sejauh ini tidak mengurangi tingkat hunian hotelnya mencapai 80 persen. “Kita punya trik bisnisnya,” kata Afwandi.



(rul/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed