Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 04 Jun 2008 18:59 WIB

80 Juta Orang RI Pakai Kacamata, Potensi Pasar Optik Rp 6 T

- detikFinance
Jakarta - Departemen Perindustrian menggenjot perkembangan industri optik nasional agar bisa menguasai pangsa pasar lokal yang mencapai Rp 6 triliun karena sekitar 40% atau sekitar 80 juta orang di Indonesia harus menggunakan kacamata.

Demikian dikatakan Dirjen Industri Logam, Mesin, Tekstil, dan AnekaDepperin Ansari Bukhari di Departemen perindustrian Jakarta Rabu (3/6/2008).

Selain menyusun standarisasi tentang produk optik kacamata (lensa beserta bingkainya/frame), Depperin bekerja sama dengan Gabungan Pengusaha Optik Indonesia (Gapopin) juga menyediakan fasilitas pendidikan dan pelatihan bagi sumber daya manusia (SDM) di sektor optik.

Dalam hal ini selain SDM pembuat kacamata, juga di akan dicetak SDM tenaga ahli refraksi dan optisi sesuai standar dan memiliki sertifikat yang diakui secara internasional.

"Potensi pasar industri optik terus berkembang seiring pertumbuhan penduduk. Namun seluruh potensi pasar belum dapat dioptimalkan oleh kalangan industri optik nasional. Selain banyaknya produk kacamata impor, kesadaran konsumen untuk menggunakan kacamata yang sesuai standar juga masih minim," jelas Ansari.

Depperin bekerja sama dengan Gapopin mendirikan Pusat Desain Optik (PDO) Gapopin. Di mana, PDO dapat langsung menunjang pengembangan industri optik dan mencetak tenaga-tenaga ahli di bidang refraksi dan optisi.

Sementara itu, Direktur PDO Gapopin Thomas Soetomo mengatakan, saat ini baru sekitar 30 juta orang Indonesia yang menggunakan kacamata. Padahal dari survei yang ada, setidaknya ada sekitar 80 juta orang Indonesia yang dinilai layak dan harus menggunakan kacamata. Dalam hal ini, pangsa pasar yang bisa digarap hingga tahun lalu baru mencapai Rp 2,5 triliun atau rata-rata Rp 75.000 dikali 32 juta orang pengguna kacamata.

Ke depan, menurut Thomas, pangsa pasar industri optik masih sangat besar. Selain karena tipikal konsumen yang biasanya minimal memiliki dua unit kacamata, penggunaannya juga hanya sebatas periode tertentu atau terdapat masa penggantian kacamata.



(arn/ir)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed