ADVERTISEMENT

Mendag Resmikan Gedung Baru Depdag

- detikFinance
Jumat, 08 Agu 2008 14:55 WIB
Jakarta - Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu meresmikan penggunaan gedung baru Departemen Perdagangan di Jalan Ridwan Rais Jakarta.

Gedung baru ini letaknya bersebelahan dengan gedung lama Departemen Perdagangan. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prastasti di atas fosil kayu seberat 800 kg yang didatangkan dari Banten oleh Mari.

Gedung lama dinilai sudah tak layak huni lagi dan sudah tidak aman bagi aktivitas kerja karyawan. Gedung lama ini memang terlihat agak miring dan mengalami keretakan. Beberapa karyawan waktu itu sempat mengkhawatirkan gedung lama bakal rubuh.

Akhirnya pembangunan gedung baru dikebut mulai tahun 2005 dan beres pada bulan Juni 2008. Pembangunan gedung baru juga bertujuan agar peningkatan pelayanan publik di sektor perdagangan dapat lebih baik dan berkualitas didukung sarana kerja yang aman, nyaman dan kondusif bagi peningkatan produktivitas kerja seluruh karyawan Departemen Perdagangan.

"Pembangunan gedung baru Depdag ini selain terkait aspek keamanan, juga sarat dengan nilai filosofis dan pendekatan konsep bangunan yang ramah lingkungan serta bukti hidup akan langkah nyata Depdag menerapkan program penggunaan produksi dalam negeri," ujar Mari seperti dikutip dalam siaran pers Depdag, Jumat (8/8/2008).

Konsep ramah lingkungan dapat diukur dari beberapa aspek yaitu dari rancangan arsitektur bangunan, material bangunan, metodologi dalam membangun, efisiensi energi, efisiensi air, dan lifecycle ecological living.

"Gedung ini menjadi model prestasi produk nasional. Secara aksitektural, hamparan hardscape serta fasilitas layanan publik di lantai dasar yang didominasi oleh batuan lokal andesit yang tidak cepat berlumur dan mudah merawatnya, mengekspresikan bentuk-bentuk modern yang tumbuh langsung dari bumi Indonesia," ujarnya.

Sebagian besar penggunaan material bangunan adalah material lokal dan merupakan produk dalam negeri. Untuk arsitektur gedung menempati persentase sebesar 71 persen, interior gedung 99 persen, mekanikal 80 persen, elektrikal 80 persen dan elektronik 75 persen penggunaan produk lokal pada material adalah sebesar 81 persen.

Gedung utama Depdag tersebut menempati tanah seluas 4 ribu meter persegi dengan total luas bangunan sebesar 34 ribu meter persegi dan memiliki daya tampung sebanyak 1.290 orang.

Berlantai 16 gedung terdiri dari 1 tower dan 2 bangunan pengapit layaknya tangan perpustakaan, ruang press terbuka ini dilengkapi dengan fasilitas publik berupa seperti peralatan multimedia, area eksibisi, auditorium, kantin dan area parkir. (ddn/qom)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT