Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 16 Jan 2020 15:50 WIB

PT KAI Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA dan SMK, Ini Posisi dan Syaratnya

Puti Yasmin - detikFinance
PT KAI Buka Lowongan/Foto: Rifkianto Nugroho PT KAI Buka Lowongan/Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - PT KAI atau Kereta Api Indonesia membuka lowongan pekerjaan untuk beberapa posisi. Lowongan itu diberikan kepada para lulusan SMA dan SMK. Apa saja syaratnya?

Profil PT KAI adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menjual tiket kereta api ekonomi maupun eksekutif. PT KAI juga telah memiliki tujuh anak perusahaan, yakni PT Reska Multi Usaha, PT Railink, PT Kereta Commuter Indonesia, PT Kereta Api Pariwisata, PT Kereta Api Logistik, PT Kereta Api Properti Manajemen, dan PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia.

Selain itu, PT KAI juga memiliki beberapa layanan guna memudahkan para penumpangnya untuk menaiki kereta, yakni jadwal keberangkatan kereta api di laman websitenya.



Berikut formasi dan syarat lowongan kerja PT KAI yang dirangkum detikcom:

1. Formasi

PT KAI membuka 8 posisi pekerjaan yang bisa dilamar para lulusan SMA dan SMK, yakni sebagai Kondektur, Masinis, Pekerja Operasi Prasarana (PPKA/JRR), Petugas Negative Check Sintelis dan LAA, dan Petugas Pemeriksa Jalur (PPJ).

Selain itu, PT KAI juga mencari Operator KPJR dan Pelaksana UPT Mekanik JJ, Pemeliharaan Sarana (Teknisi Depo dan Balai Yasa), sertaPemeliharaan Sarana (Teknisi Kereta Api).

2. Persyaratan

Syarat lowongan pekerjaan PT KAI, yakni WNI, pria maupun wanita, memiliki ijazah (SMA/MA/SMK/MK) dengan nilai ujian rata-rata minimal 7,0, dan usia minimal 18 tahun dan maksimal 25 tahun per 1 Februari 2020.

Kemudian, untuk tinggi badan pelamar formasi Kondektur, Masinis, Pekerja Operasi Prasarana, Operator KPJR, Pelaksana UPT Mekanik JJ, dan Pemeliharaan Sarana Teknisi Kereta Api minimal 165 cm khusus untuk pria.

Sementara, untuk formasi lainnya untuk pria maupun wanita minimal tinggi badan 160 cm dengan berat badan ideal.

3. Cara Daftar

Sebelum mendaftar lowongan PT KAI, calon peserta bisa mendownload buku panduan lebih dulu di laman laman KAI. Pilih menu 'Panduan' kemudian 'Panduan Registrasi dan Apply Lowongan' dan 'Download Buku Panduan'.



Kemudian, calon peserta bisa melakukan registrasi terlebih dahulu dengan membuat akun dan mengupload beberapa dokumen yang diminta. Pastikan untuk menginput data sesuai dengan informasi yang benar.

Setelah berhasil registrasi, calon pelamar bisa mengikuti tahapan rekrutmen PT KAI dengan apply posisi di akun masing-masing. Tahapan ini dibuka mulai mulai 16 Januari hingga 19 Januari 2020.

PT KAI akan mengumumkan pelamar yang lulus tahap administrasi pada 27 Januari 2020 di laman resminya.

Selamat mencoba ya!


PT KAI Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA dan SMK, Ini Posisi dan Syaratnya


Simak Video "MRT-KAI Jalin Kongsi, Kelola 72 Stasiun di Jabodetabek"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com