BPJS Kesehatan Buka Lowongan buat Lulusan D3 hingga S1, Ini Syaratnya!

Soraya Novika - detikFinance
Senin, 04 Jan 2021 15:59 WIB
Cara membikin kartu BPJS Kesehatan untuk artikel DTutorial, Sabtu (10/3/2018).
Foto: Bagus Prihantoro Nugroho/detikcom
Jakarta -

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan membuka lowongan kerja. Adapun lowongan kerja yang dibuka kali ini bukan untuk mencari pegawai tetap melainkan rekrutmen pegawai tidak tetap (PTT).

Namun, posisi yang ditawarkan cukup banyak. Tak tanggung-tanggung, jumlahnya mencakup 5 bidang pekerjaan terdiri dari 11 posisi, penempatan di seluruh wilayah Indonesia.

"Halo, Sahabat! Sekarang ini, BPJS Kesehatan sedang membuka rekrutmen Pegawai Tidak Tetap (PTT), lho ~ Untuk kalian yang sedang mencari pekerjaan, yuk segera mendaftar!," demikian bunyi pengumuman di akun instagram BPJS Kesehatan dikutip detikcom, Senin (4/1/2021)

Pendaftaran ini dibuka dari tanggal 30 Desember 2020- 5 Januari 2021. Biar tidak kelewatan, cek syarat lengkap dan ketentuannya di bawah ini:

Syarat & Ketentuan

Sebelum menyiapkan surat lamaran dan berbagai dokumen pendukung, berikut syarat dan ketentuan bagi pelamar yang perlu diperhatikan:

1. Warga Negara Indonesia
2. Belum menikah saat mendaftar
3. Pendidikan D3/D4/S1
4. IPK minimal 2,75 skala 4,00
5. Usia maksimal 25 tahun per 31 Desember 2020
6. Akreditasi Universitas: diutamakan Minimal B untuk universitas negeri dan diutamakan minimal A untuk universitas swasta
7. Pelamar wajib mengunggah foto selfie di Feed Instagram bersama aplikasi Mobile JKN di ponsel pintar dengan menulis caption bertema 'Arti Mobile JKN Dalam Keseharianku' serta diakhiri dengan hashtag #MobileJKNlengkapihariku dan wajib melakukan tag serta follow akun resmi @bpjskesehatan_ri.

Posisi yang Ditawarkan BPJS Kesehatan

Lowongan PTT BPJS Kesehatan kali ini dibuka untuk lima bidang kerja yang terdiri dari 11 posisi. Berikut posisi lengkap yang ditawarkan:

1. Bidang kepesertaan dan pelayanan peserta

a. Front liner
b. Staf Administrasi Kepesertaan
c. Staf Penanganan Pengaduan Peserta
d. Staf Penanganan Pengaduan Peserta di Rumah Sakit

2. Bidang penagihan dan keuangan

a. Staf penagihan (telecollection)

3. Bidang penjaminan manfaat

a. Staf pengelolaan fasilitas kesehatan primer

4. Bidang perluasan, pengawasan, dan pemeriksaan peserta

a.Relationship Officer (RO)
b. Staf Administrasi Perluasan Kepesertaan
c. Staf Administrasi Pemeriksaan

5. Bidang SDMUKP

a. Staf umum dan kesekretariatan

6. Sekretaris dan staf administrasi
Khusus untuk posisi sekretaris dan staf administrasi, nantinya akan ditempatkan di kantor kedeputian wilayah dan kantor pusat.

Waktu dan Tempat Mendaftar

1. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 30 Desember 2020 hingga 5 Januari 2021
2. Peserta melakukan pendaftaran melalui laman resmi BPJS Kesehatan pada menu banner slide rekrutmen
3. Pilih lokasi dan job title sesuai peminatan
4. Pastikan pengunggahan scan berkas (KTP, Surat Lamaran, CV, Ijazah, Transkrip Nilai, Bukti Keterangan Akreditasi Universitas, Surat Keterangan Sehat dan Surat Bebas Narkoba) melalui cloud seperti google drive/dropbox dan pastikan aksesnya tidak dibatasi (public), agar panitia bisa melakukan verifikasi
5. Akun Instagram tidak di-private, karena panitia hanya akan menilai postingan pelamar yang akun Instagram-nya tidak di-private

Hal lain yang perlu diingat adalah segala proses rekrutmen ini tidak dipungut biaya. Sehingga Anda harus hati-hati dan waspada terhadap berbagai modus penipuan dan permintaan uang.

Pengumuman hanya disampaikan melalui website resmi BPJS Kesehatan di https://www.bpjs-kesehatan.go.id.

Bagaimana, apakah Anda tertarik dan merasa sudah memenuhi persyaratan dan ketentuan di atas? Jika begitu, langsung saja mendaftar ke laman ini http://bit.ly/REKRUTMENPTTBPJSKESEHATAN.

(zlf/zlf)