Awas Tertipu! Beredar Hoaks Lowongan Kerja PLN

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 12 Mar 2021 14:06 WIB
Close up of a computer keyboard with word of hoax on the red button
Foto: Getty Images/iStockphoto/CreativaImages
Jakarta -

PT PLN (Persero) menegaskan informasi lowongan kerja untuk tingkat SMA/SMK, D-III, D-IV, dan S1 dengan periode sampai 14 Maret 2021 adalah informasi yang tidak benar alias hoax. Hal itu diumumkan lewat Instagram resminya @pln_id.

"Waspada penipuan recruitment PLN yang mengatasnamakan PLN," bunyi pengumuman tersebut dikutip detikcom, Jumat (12/3/2021).

PLN menjelaskan bahwa setiap lowongan pekerjaan yang benar selalu diinfokan melalui website resmi perusahaan yakni rekrutmen.pln.co.id. Sedangkan informasi hoax tersebut meminta pendaftar mengirimkan email ke rekrutmen@pln123.info.

"Kami menyatakan bahwa setiap lowongan pekerjaan selalu diinformasikan melalui website resmi perusahaan (rekrutmen.pln.co.id), serta seluruh proses rekrutmen dan seleksi di PT PLN (Persero) tidak dipungut biaya apapun," tegasnya.

Pihaknya juga menegaskan tidak pernah kerja sama dengan pihak tour dan travel, serta tidak memungut biaya pendaftaran, akomodasi maupun transportasi selama proses rekrutmen. Saat ini perseroan menyatakan sedang tidak membuka lowongan pekerjaan.

Sebelumnya beredar lowongan pekerjaan yang sekilas resmi dari PLN karena menggunakan kop surat dari perusahaan listrik pelat merah tersebut. Katanya, profesi yang dibuka adalah operator/teknisi, teknik mesin, teknik sipil, teknik listrik, administrasi, call center, customer service, manajemen dan sekretaris.

Para pelamar lowongan kerja diminta untuk menyiapkan berkas seperti surat lamaran, KTP, ijazah, transkrip akademik, akte kelahiran, pas foto berukuran 3 x 4, serta Surat Keterangan Catatan Kriminal (SKCK) dari kepolisian.

(aid/fdl)