BUMN Buka 2.700 Lowongan, Erick Thohir: Terharu Tapi Juga Khawatir

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 12 Apr 2022 12:21 WIB
Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir/Foto: Anisa Indraini
Jakarta -

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membuka lowongan besar-besaran dalam program Rekrutmen Bersama BUMN 2022. Dalam rekrutmen ini, ada 2.700 lowongan tersedia yang tersebar di 50 BUMN.

Menteri BUMN Erick Thohir mengaku terharu dengan peluncuran program ini. Namun, ia juga mengaku khawatir.

"Tentu kami di BUMN selain membuka program perekrutan yang jumlahnya 2.700 ini, dan saya juga cukup apa ya terharu, tetapi juga sangat khawatir. Karena jumlah rekrutannya 2.700 tetapi yang mendaftar puluhan kali lebih banyak," katanya, Selasa (12/4/2022).

Menurutnya, hal itu harus disadari. Sebab, kondisi ini sejalan dengan kondisi demografi Indonesia yang banyak dan makin hari makin muda.

"54% sekarang penduduk Indonesia adalah milenial dan gen Z. Ini kita belum hitung yang gen A, yang lahir lebih muda daripada gen Z," katanya.

Selain itu, Erick mengatakan perubahan teknologi dan digitalisasi menyebabkan pergeseran jenis pekerjaan yang luar biasa.

"Itulah kenapa kami di BUMN selain melakukan program perekrutan ini, kami terus menjaga pondasi daripada talenta digital BUMN pun harus terus ditingkatkan, yang hari ini jumlahnya baru 1%. padahal kita inginnya 20%," tambahnya.

Simak juga video 'Menaker Bilang Ijazah Tak Lagi Berarti Buat Cari Kerja':

[Gambas:Video 20detik]



(acd/ara)