Dirikan 3 Media Baru, Induk TVOne Siapkan Rp 1 Triliun

- detikFinance
Rabu, 15 Jun 2011 16:05 WIB
Jakarta - PT Visi Media Asia Tbk induk usaha TVOne, ANTV, dan VIVAnews menyiapkan dana Rp 1 triliun hingga tiga tahun ke depan untuk menghadirkan tiga media baru.

Menurut Presiden Direktur PT Visi Media Asia Tbk Erick Thohir, satu televisi berjenis free to air siap beroperasi akhir tahun ini dengan nama Sport One. Jenis ini layaknya televisi jaringan.

Erick menjelaskan, setidaknya Sport One telah memiliki lisensi di empat kota dan akan terus bertambah. Jika televisi segmentasi olahraga ini berjalan, Sport One akan menjadi televisi nasional.

Satu media lain adalah Viva Bola yang tengah diujicobakan. Konten Viva Bola bisa dinikmati melalui jaringan internet di akhir 2011. Lalu Viva Games penyedia konten games siap dikembangkan dan akan beroperasi komersil di 2012.

"Capex (belanja modal) 3 tahun ke depan Rp 1 triliun. Salah satunya dari IPO ini. Kami tidak menduplikasi tapi bersinergi. Kita ingin membangun ekosistem. Kita juga akan masuk ke content distribution," ungkapnya di Jakarta, Rabu (15/6/2011).

Erick Thohir masuk sebagai salah satu pemilik Viva Media Grup dengan perusahaan PT Trinugraha Thohir Media Partners. Trinugraha bersama PT CMA Indonesia (pemilik 79,04% saham Viva Media) telah menandatangani perjanjian Mandatory Exchangeble Bond (MEB) Subscription Agreement.

CMA memiliki kewajiban untuk mengkonversi utang pokok CMA kepada Trinugraha sebesar US$ 20 juta. Nilai ini dapat dikonversi menjadi saham Visi Media Asia pada satu hari setelah listing di BEI.

"Setelah IPO lebih dari 3,5%. atau 25% dari total saham yang di-IPO kan," tambahnya. Trinugraha juga membuka peluang untuk memperbesar porsi sahamnya di Visi Media Asia asalkan ada kesempatan.

"Kita kan tahu tiga-tiganya (pemegang saham) serius. komitmen pemegang saham (Bakrie Capital, CMA dan Fast Plus Limited) untuk lebih besar ada," imbuhnya.

(wep/dnl)