IPO TvOne Cs Kelebihan Permintaan 5,12 Kali

- detikFinance
Rabu, 22 Jun 2011 11:06 WIB
Jakarta - Saham perdana induk usaha Tv One, PT Visi Media Asia Tbk (VIVA), kelebihan permintaan (oversubscribed) hingga 5,12 kali. Hal tersebut didapat setelah proses bookbuilding dilakukan pada 13-21 Juni 2011.

"Harga penawaran IPO VIVA ini ditetapkan sebesar Rp 280 untuk setiap sahamnya, hampir merupakan batasan harga tertinggi dari rentang harga yang ditawarkan selama proses bookbuilding," kata Executive Director PT Danatama Makmur Vicky Ganda Saputra selaku penjamin emisi dalam aksi korporasi ini dalam keterangan tertulis, Rabu (22/6/2011).

Berdasarkan hal tersebut, target penerimaan dana hasil IPO juga ditingkatkan hingga mencapai Rp 640,1 miliar. Dananya, akan digunakan untuk pengembangan usaha VIVA dan anak perusahaannya.

Caranya melalui belanja modal, peningkatan modal kerja dan bayar utang supaya memberikan ruang dan fleksibilitas keuangan di masa mendatang. PT Ciptadana Securities dan Danatama merupakan pihak yang ditunjuk anak usaha Grup Bakrie itu sebagai Penjamin Pelaksana Emisi IPO ini.

"Selain itu dalam struktur IPO ini, juga terdapat 571,5 juta waran yang akan dibagikan sebagai tambahan insentif bagi keseluruhan calon investor IPO dengan rasio 4:1," katanya.

Dengan demikian setiap pemegang 4 saham akan memperoleh 1 waran, dengan harga pelaksanaan Rp 300 untuk setiap waran. Melalui mekanisme ini, VIVA akan dapat memperoleh tambahan dana lagi hingga sebesar Rp 171,5 miliar.


(ang/hen)