Follow detikFinance
Selasa, 06 Mar 2012 14:12 WIB

Agis Mulai Garap Tambang Emas di Sumatera Barat Tahun Ini

- detikFinance
Jakarta - PT Agis Tbk (TMPI) siap menggarap tambang emas di Sumatera Barat (Sumbar) tahun ini. Perseroan bersama Fujian Xinjifu Enterprise baru saja membentuk perusahaan patungan bernama PT Agis Resources.

Berdasarkan keterangan tertulis perseroan, Selasa (6/3/2012), anak usaha patungan itu diharapkan menyelesaikan akuisisi konsesi tambang emas di Sumbar tersebut dalam waktu dekat. Komposisi kepemilikan saham yang dincar adalah mayoritas.

"Diharapkan pada paruh kedua tahun 2012 ini Agis Resources akan dapat mulai memproduksi alluvial di tambang emas yang sudah dikuasainya," kata keterangan tertulis tersebut.

Agis juga akan terus melakukan eksplorasi yang lebih mendalam pada beberapa konsesi tambang emas lainnya di Sumatera Barat.

Modal dasar anak usahanya tersebut sebesar US$ 50 juta atau sekitar Rp 450 miliar, dengan komposisi 51% dikuasai Agis, sementara 49% sisanya oleh Xinjifu.

Kabar penambahan lini usaha dengan menggandeng investor China ini sudah berhembus sejak lama, seperti disinggung dalam rumor saham detikFinance pada Oktober 2011 lalu.

Sebelum masuk ke bisnis tambang, Agis merupakan produsen dan distributor produk Sony di Indonesia sejak didirikan lebih dari 30 tahun lalu.

Sementara Xinjifu adalah perusahaan swasta asal China yang didirikan pada 1994 yang bergerak di bisnis pertambangan dan pengolahan produk metal dasar dan komoditas lainnya.


(ang/dnl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed