Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 24 Okt 2012 13:25 WIB

iPad Mini Kemahalan, Saham Apple Jatuh 3%

- detikFinance
San Fransisco - Apple baru saja mengumumkan akan merilis iPad mini yang berukuran lebih mungil ketimbang pendahulunya. Harga yang dipatok pun jauh lebih mahal dari tablet serupa milik kompetitornya.

Tablet yang akan dirilis akhir tahun 2012 itu dipatok US$ 329, bandingkan dengan tablet berukuran sama bikinan Google, Amazon dan lain-lain yang hanya berkisar US$ 199 per unit.

Para analis sudah memperkirakan Apple akan mematok harga tinggi untuk setiap produknya. Namun, harga yang diumumkan untuk iPad mini kelewat mahal, jauh lebih tinggi dari prediksi analis sebesar US$ 250.

Harga yang kelewat mahal itu menjadi sentimen negatif terhadap pergerakan sahamnya. Pada penutupan perdagangan Selasa waktu setempat, saham Apple jatuh 3% ke level US$ 613,36 per lembar.

Analis dari Nomura, Stuart Jeffrey, harga iPad itu 65% lebih mahal dari harga tablet milik kompetitornya, seperti Kindle Fire milik Amazon. Selisih harga yang sangat jauh itu akan makin memperlebar jarak antara iPad dengan kompetitornya.

"iPad mini merupakan brand yang premium. Masyarakat harus mau membayar lebih untuk merasakan pengalaman yang lebih istimewa dari biasanya," kata Carolina Milanesi, analis teknologi dari Gartner, perusahaan riset dan penasihat teknologi, dikutip dari Financial Times, Rabu (24/10/2012).

Meski mematok harga mahal, Apple masih mendominasi pasar tablet di dunia, bahkan di tengah ancaman dari Microsoft dengan tablet terbarunya, Surface. CEO Apple, Tim Cook, menyatakan pihaknya sudah menjual 100 juta iPad sejak diluncurkan tahun 2010 lalu

Akan tetapi, analis mencatat penjualan 16 juta iPad sejak awal tahun ini hingga September. Angkanya turun dari periode yang sama tahun sebelumnya, yaitu sebanyak 17,5 juta unit.

Cook juga menambahkan, sebanyak 200 juta orang sudah mengunduh perangkat lunak terbaru Apple, iOS 6, untuk iPhone, iPad dan iPod touch mereka, meski masih banyak kekurangan seperti aplikasi peta yang membingungkan.

Versi iPad yang lebih kecil ini diluncurkan satu tahu setelah pendiri Apple, Steve Jobs meninggal.


(ang/dnl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed