Follow detikFinance
Kamis, 20 Des 2012 16:19 WIB

Resmi Ganti Nama, Semen Indonesia Akan Lebih Ekspansif

- detikFinance
Jakarta - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mahendra Siregar, yang juga menjabat sebagai Komisaris Utama PT Semen Indonesia Tbk (dulu Semen Gresik) menyambut baik perubahan nama perseroan, dan telah disetujui dalam RUPS Luar Biasa hari ini, Kamis (20/12/2012). Perubahan nama juga akan menjadikan BUMN semen ini lebih ekspansif.

"Hal itu adalah yang paling penting, sinergi dari anak-anak usaha. (Persetujuan RUPS) lebih resmi dan lengkap. Supaya betul-betul disinergikan dengan baik," kata Mahendra di Crown Plaza, Jakarta, Kamis (20/12/2012).

"Banyak yang bisa dicapai dari holding dan anak usaha. Dengan sinergi ini tentu diharapkan pula terjadi efisiensi," paparnya.

Pertumbuhan akan semakin mengkilau dengan hadirnya anak usaha baru di Vietnam, dimana perseroan menguasai 70% saham perusahaan Thang Long Cement senilai US$ 335 juta atau sekitar Rp 3,1 triliun.

"Apalagi ada ada usaha lain di Vietnam. Kalau ada pandangan penting kami responsif, bagaimana bisa menentukan langkah-langkah ke depan," tambahnya.

Sejak 1995 perseroan memang berperan sebagai operating holding, dan di 2008 mulai diterapkan functional holding yang meliputi pemasaran, pengadaan, capital project, IT, HARI, dan IA dari Semen Gresik, Semen Padang dan Semen Tonasa.

"Selanjutnya tahun 2012 dimulailah implementasi strategic holing, sekaligus melakukan perubahan nama," papar Dirut Semen Gresik Dwi Soetjipto.

Nama Semen Indonesia dipilih karena merefleksikan holding yang lebih besar dan melambangkan ke-Indonesiaan, serta memayungi anak-anak usaha persemenen di seluruh Indonesia.



(wep/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed