Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 31 Okt 2013 18:54 WIB

Kalbe Farma Bangun Pabrik Susu Cair Rp 150 Miliar di Sukabumi

- detikFinance
Surabaya - PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) berencana membuka pabrik susu cair di Sukabumi, Jawa Barat, yang akan mulai produksi 2015. Pembangunan pabrik ini masih menunggu proses perizinan.

Sekretaris Perusahaan Kalbe Farma Vidjongtius mengatakan, pabrik susu cair ini akan dibangun di Sukabumi dengan lahan seluas 1-2 hektar. Dana investasi yang dibutuhkan sekitar Rp 150 miliar.

"Biasanya setiap pabrik membutuhkan tenaga kerja antara 100-200 orang. Persisinya berapa nanti akan kita hitung lagi," tutur Vidjongtius di sela acara Investor Summit and Capital Market Expo 2013 di Grand City Surabaya, Kamis (31/10/2013).

Vidjongtius yang juga salah satu direktur di Kalbe Farma ini mengatakan, bahan baku untuk produksi susu cair akan diimpor dari Australia dan Selandia Baru.

"Bahan bakunya tetap impor, karena produk lokal saja tidak mencukupi kebutuhan dalam negeri," katanya.

Pada kesempatan itu, Vidjongtius mengatakan, pada Januari-September 2013 penjualan ketiga divisi Kalbe Farma (nutrisi, obat resep, dan produk kesehatan) naik 17%-29,3% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Penjualan divisi nutrisi capai Rp 2,709 triliun, atau meingkat 29,3% dibandingkan dengan periode sama tahun lalu. Divisi Obat dan Resep mencatat penjualan bersih Rp 2,87 triliun, atau meningkat 19% dibandingkan tahun lalu. Divisi ini memberikan kontribusi 25% dari total penjualan perseroan.

Divisi produk kesehatan mencatat penjualan Rp 1,883 triliun, atau meningkat 17% dibandingkan tahun lalu. Divisi ini memberikan kontribusi sebanyak 16% dari total penjualan.

Sementara divisi distribusi dan logistik mencatat penjualan Rp 3.978 miliar.

"Laba bersih selama 9 bulan tumbuh sebesar 9,9% mencapai Rp 1,366 triliun. Laba bersih ini didorong oleh pertumbuhan penjualan yang kuat," kata Vidjongtius.



(roi/dnl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com