Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 19 Nov 2013 11:47 WIB

Demi IKEA, Hero Jual Tanah di Gatsu Rp 450 Miliar

- detikFinance
Jakarta - PT Hero Supermarket Tbk (HERO) berencana menjual tanah 11.390 meter persegi di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, minimal senilai Rp 450 miliar. Dananya akan digunakan untuk membuka gerai IKEA di Tangerang.

Seperti dikutip dari prospektus ringkas yang diterbitkan perseroan, Selasa (19/11/2013), setelah dilakukan tender tanah dan bangunan kantor Hero itu laku terjual Rp 452,5 miliar kepada PT Sintesis Kreasi Utama.

Sintesis merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pembangunan, perdagangan, industri, pengangkutan, pertambangan, dan jasa. Tender telah dilakukan pada 9 September 2013 lalu.

Dana hasil aksi korporasi ini akan digunakan perseroan untuk membuka gerai IKEA pertama di Indonesia, tepatnya di Alam Sutera, Tangerang tahun depan. Perseroan dan IKEA System telah menandatangani Franchise Development Agreement pada Maret 2012 lalu.

Toko yang akan dibangun di atas lahan seluas 4,5 hektar ini diprediksi bisa beroperasi pada 18 September 2014. Nilai investasi untuk gerai itu mencapai US$ 100 juta atau sekitar Rp 1 triliun.

Hero sendiri sudah mengalami penurunan laba 14% di semester I tahun ini, sebesar Rp 121 miliar dibandingkan Rp 140 miliar di periode yang sama tahun lalu. Laba perseroan tergerus gara-gara beban biaya pra pembukaan toko IKEA baru.



(ang/dnl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed