Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 07 Jul 2014 14:58 WIB

Investor Saham Berharap Jokowi Menang, Dana Asing Masuk Rp 500 M

- detikFinance
Jakarta -

Pelaku pasar modal berharap banyak calon presiden (capres) nomor 2 Jokowi Widodo (Jokowi) bisa memenangkan pemilihan presiden (pilpres) 9 Juli mendatang.

Head of Economic Research Danareksa Research Institute. Purbaya Yudhi Sadewa menyatakan, situasi politik selalu berpengaruh terutama jelang pemilu. Menurutnya, pelaku pasar berekspektasi capres nomor dua, Joko Widodo, bisa memenangkan pemilu kali ini dan terpilih sebagai presiden RI untuk periode berikutnya.

"Market expect Jokowi bakal menang jadi dana masuk karena investor lebih suka Jokowi. Beberapa survei memang menyebutkan, kayak misalkan yang (survei) luar negeri itu kalau Jokowi katanya unggul," katanya, Senin (7/7/2014).

Harapan ini terlihat dari naiknya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini yang mencapai hingga 65 poin ke level 4.971. Selain itu nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) juga bisa menguat hingga Rp 11.725 dibandingkan posisi pekan lalu di Rp 11.905.

Dana asing juga hari ini mengalir masuk ke Bursa Efek Indonesia (BEI) senilai Rp 512 miliar. Padahal, pekan lalu asing masih menarik dananya keluar dari Bursa Efek Indonesia (BEI) hingga Rp 568 miliar.

(ang/dnl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com