Coca-Cola Borong Saham Monster Rp 21 Triliun

- detikFinance
Jumat, 15 Agu 2014 10:55 WIB
New York - Coca-Cola mengakuisisi 16,7% saham produsen minuman Monster Beverage. Dana yang diperlukan mencapai US$ 2,15 miliar atau setara Rp 21,5 triliun.

Pembelian saham ini akan membuat posisi Coca-Cola semakin bersaing di segmen minuman berenergi karena selama ini selalu tertinggal dari Monster Energy dan Red Bull.

Coca-Cola akan mengkonsolidasi produk minuman energi miliknya ke dal am Monster, seperti NOS, Full Throttle, dan Burn. Produsen minuman ringan ini juga otomatis mendapat merek baru seperti Natural Sodas, Peace Tea, dan Hubert's Lemonade.

Coke juga berhak menempatkan dua direksi di Monster atas pembelian saham ini. "The Coca-Cola Company akan menjadi mitra distribusi Monster secara global," kata siaran pers bersama seperti dikutip AFP, Jumat (15/8/2014).

Akuisisi in akhirnya terlaksana meski empat bulan lalu Coca-Cola membantah sudah menghgelar pertemuan dengan Monster Beverage. Perusahaan menyatakan bantahan terpaksa dilontarkan supaya rencana akuisisi tidak diendus kompetitornya, Pepsi Cola.

(ang/dnl)