Bentoel Tawarkan PHK ke Seribu Pegawai, Sahamnya Melonjak 5,9%

- detikFinance
Selasa, 09 Sep 2014 12:52 WIB
Jakarta - Saham PT Bentoel Internasional Investama Tbk (RMBA) hari ini bisa positif di tengah koreksi pasar akibat marak aksi ambil untung. Saham berkode RMBA itu bisa menanjak 5,9%.

Seperti dikutip dari data perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (9/9/2014), pada penutupan perdagangan Sesi I, saham RMBA melonjak 29 poin ke level Rp 520 per lembar.

Penguatan saham produsen rokok ini terjadi di tengah koreksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sebesar 37,428 poin (0,71%). IHSG terkena aksi ambil untung.

Seperti diketahui kemarin Bentoel mengumumkan akan ada program pengunduran diri sukarela bagi beberapa pegawainya. Hal yang sama juga pernah dilakukan oleh PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) awal tahun ini.

"Pengunduran diri kami tawarkan secara sukarela kepada buruh, dan mereka kami berikan waktu untuk memikirkan," katanya kepada wartawan di kantornya, Jalan Raya Karanglo, kemarin.

Dia mengungkapkan, efesiensi ini tidak bersifat memaksa. Para buruh bebas menentukan pilihannya. Pihaknya juga bakal memberikan kompensasi mengadu pada perundang-undangan yang berlaku.

"Dan juga reward perusahaan terhadap buruh tersebut sesuai masa kerjanya. Kami akan memberikan pelatihan untuk mengelola kompensasi yang diterima," ungkapnya.

(ang/dnl)