Follow detikFinance
Rabu 08 Oct 2014, 10:10 WIB

Gejolak Politik Kembali Menekan Pasar Saham

- detikFinance
Gejolak Politik Kembali Menekan Pasar Saham
Jakarta - Gejolak politik kembali mewarnai pergerakan pasar saham. Setelah sempat pulih dari koreksi tajam akhir pekan lalu, kali ini Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali jatuh lagi.

Membuka perdagangan pagi tadi, IHSG anjlok 40,421 poin (0,80%) ke level 4.992,420. Banyak faktor yang memberi sentimen negatif kepada pergerakan IHSG pagi ini.

Selain kekhawatiran lambatnya pertumbuhan ekonomi global gara-gara data ekonomi Jerman yang buruk, pergerakan pasar juga dipengaruhi pemilihan pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) yang baru saja selesai.

"Gejolak politik telah banyak mewarnai pergerakan IHSG. Koalisi Merah Putih (KMP) memenangkan pemilihan paket pimpinan MPR dengan suara 347, sementara Koalisi Indonesia Hebat (KIH) dengan 330 suara," kata Batavia Prosperindo dalam risetnya, Rabu (8/10/2014).

KMP kembali memenangkan persaingan dengan KIH. Kali ini, koalisi yang diusung oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Demokrat (Demokrat) dan Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut memenangkan persaingan dalam memperebutkan kursi pimpinan MPR.

KMP sukses memenangkan Paket B yang terdiri dari Zulkifli Hasan sebagai Ketua MPR, dengan para wakilnya Mahyudin, EE Mangindaan, Hidayat Nur Wahid, dan Oesman Sapta Odang sebagai pimpinan MPR yang baru setelah memenangkan voting sebanyak 347 suara berbanding 330 suara.

Itu artinya, KMP sukses menguasai parlemen dengan menempatkan kader-kadernya pada posisi pimpinan MPR dan DPR.

"Suara DPD yang tidak solid mendukung Koalisi Indonesia Hebat mendorong kemenangan Koalisi Merah Putih," tambahnya.

Pekan lalu, IHSG sudah anjlok cukup dalam hingga ke level 4.900 dari 5.100 gara-gara pemilihan pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang dimenangkan KMP.

Awal pekan ini IHSG sempat rebound hingga ke level 5.000. Sayangnya, hari ini terpaksa jatuh lagi pasca pemilihan pimpinan MPR.

(ang/hds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed