Follow detikFinance
Rabu 08 Oct 2014, 17:10 WIB

Situasi Politik Masih 'Panas', Dana Asing Rp 700 Miliar Kabur dari Pasar Modal

- detikFinance
Situasi Politik Masih Panas, Dana Asing Rp 700 Miliar Kabur dari Pasar Modal
Jakarta - Situasi politik di Indonesia makin panas, apalagi setelah pimpinan MPR didominasi wakil dari Koalisi Merah Putih (KMP). Investor asing memilih untuk keluar lagi dari lantai bursa.

Hari ini investor asing mencatat transaksi jual bersih (foreign net sell) senilai lebih dari Rp 700 miliar di pasar reguler. Aksi jual ini membuat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) anjlok.

Menutup perdagangan, Rabu (8/10/2014), IHSG terjun 74,322 poin (1,48%) ke level 4.958,519. KMP sukses menguasai parlemen dengan menempatkan kader-kadernya pada posisi pimpinan MPR dan DPR.

Pelaku pasar yang selama ini cenderung mendukung KIH mulai mengamankan portofolio dengan melepas saham. Kekhawatiran lambatnya pertumbuhan ekonomi global gara-gara data ekonomi Jerman yang buruk juga memberi sentimen negatif.

"Gejolak politik telah banyak mewarnai pergerakan IHSG. Koalisi Merah Putih (KMP) memenangkan pemilihan paket pimpinan MPR dengan suara 347, sementara Koalisi Indonesia Hebat (KIH) dengan 330 suara," kata Batavia Prosperindo dalam risetnya.

KMP kembali memenangkan persaingan dengan KIH. Kali ini, koalisi yang diusung oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Demokrat (Demokrat) dan Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut memenangkan persaingan dalam memperebutkan kursi pimpinan MPR.

KMP sukses memenangkan Paket B yang terdiri dari Zulkifli Hasan sebagai Ketua MPR, dengan para wakilnya Mahyudin, EE Mangindaan, Hidayat Nur Wahid, dan Oesman Sapta Odang sebagai pimpinan MPR yang baru setelah memenangkan voting sebanyak 347 suara berbanding 330 suara.

(ang/dnl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed