Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 06 Apr 2015 11:56 WIB

Cikampek-Palimanan Tol Terpanjang di RI, Tarifnya Rp 87.500

- detikFinance
Palimanan -

Pekan lalu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memantau perkembangan proyek Tol Cikampek-Palimanan (Cikapali). Berapa kira-kira tarif tol dengan ruas terpanjang di Indonesia ini?

Menurut Direktur Utama Lintas Marga Sedaya (LMS), Hudaya Arryanto, sesuai dengan rencana bisnis perusahaan tarif tol ini diajukan sebesar Rp 750 per km.

"Itu nanti tinggal dikalikan panjang jalan tolnya," katanya seperti dikutip, Senin (6/4/2015).

Dengan panjang 116,75 km maka tarif tol tersebut sekitar Rp 87.562 untuk kendaraan golongan I. Menurutnya, ada lima gerbang di tol yang digarap oleh anak usaha PT Saratoga Investama Tbk (SRTG) ini. Tarif masing-masing gerbang akan dihitung sesuai jarak antar gerbang.

"Jadi kendaraan akan bayar sesuai panjang jalan yang dilewati. Di pintu masuk mereka ambil tiket, nanti bayar di pintu keluar. Jadi di awal kita akan pakai sistem tertutup dulu," jelasnya.

Sementara untuk tarif golongan II dan selanjutnya, Basuki menambahkan, caranya dihitung dengan menambahkan setengah dari harga golongan I.

"Golongan berikutnya setengah kali, dan seterusnya," kata Basuki waktu pertama kali memantau Tol Cikapali yang merupakan bagian dari Tol Trans Jawa ini.

Dengan asumsi tarif Golongan I sebesar Rp 87.562, maka Golongan II Rp 131.344 golongan III sebesar Rp 175.124, golongan IV sekitar Rp 218.905, dan golongan V adalah Rp 262.686.

Total investasi tol ini mencapai Rp 12 triliun. Tol Cikampek-Palimanan mulai dibangun pada 2011 dan sampai saat ini pengerjaan fisik sudah mencapai 93%.

(ang/dnl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com