Follow detikFinance
Rabu, 13 Jul 2016 12:02 WIB

Efek Dahsyat 'Pokemon Go', Kapitalisasi Pasar Nintendo Melambung Rp 99 T

Angga Aliya ZRF - detikFinance
Foto: dok. Pokemon Go Foto: dok. Pokemon Go
New York - Saham Nintendo tak lagi bergerak datar setelah aplikasi permainan Pokemon Go diluncurkan. Dua hari pasca peluncuran game tersebut, kapitalisasi pasar Nintendo bertambah US$ 7,5 miliar atau sekitar Rp 99 triliun (kurs Rp 13.200/US$).

Game yang berhasil mengawinkan permainan konsol klasik dengan augmented reality itu sudah diunduh (download) di lebih dari 5% perangkat Android di Amerika Serikat (AS).

Penggunanya semakin bertambah dari hari ke hari. Bahkan sekarang popularitas aplikasi Pokemon Go ini sudah melampai Tinder dan hampir menyusul Twitter.

Seperti dikutip dari Reuters, Rabu (13/7/2016), saham Nintendo pun sempat menyentuh titik tertingginya dalam delapan bulan terakhir. Sejak diluncurkannya Pokemon Go, saham nintendo sudah melesat 36%.

Saat ini, Pokemon Go baru resmi diluncurkan di AS, Selandia Baru, dan Australia. Negara-negara lain akan menyusul.

Namun sudah banyak pengguna di negara selain ketiganya, termasuk Indonesia, yang sudah mengunduh Pokemon Go secara tidak resmi.

Total kapitalisasi pasar Nintendo saat ini mencapai Rp 31,27 miliar (Rp 412,7 triliun). Sahamnya kemarin kena profit taking setelah melambung tinggi, parkir di US$ 27,59 per lembar. (ang/dnl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed