Follow detikFinance
Jumat 04 Nov 2016, 19:35 WIB

Tersisa 2 Bulan, Pemerintah akan Terbitkan Surat Utang Rp 18 T

Maikel Jefriando - detikFinance
Tersisa 2 Bulan, Pemerintah akan Terbitkan Surat Utang Rp 18 T Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan menerbitkan surat berharga negara (SBN) senilai Rp 18 triliun dalam sisa waktu di 2016. Ini sesuai dengan defisit anggaran yang diperkirakan bisa mencapai 2,7% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

"Kita akan menerbitkan SBN sekitar Rp 18 triliun," ungkap Schneider Siahaan, Direktur Strategis dan Portofolio Utang DJPPR di Gedung Djuanda, Kemenkeu, Jakarta, Jumat (4/11/2016).

Awalnya pemerintah memproyeksikan defisit anggaran adalah 2,5%. Namun melihat kondisi penerimaan dan belanja, maka besar kemungkinan defisit akan melebar sampai ke level 2,7%.

"Posisi sekarang sekitar 2,1-2,2%. Masih jauhlah dari asumsi," ujarnya.

Schneider memastikan kondisi pengelolaan anggaran pada periode ini lebih baik dari sebelumnya. Terutama ada penerimaan besar dari program pengampunan pajak dan mitigasi atas berbagai risiko belanja.

Posisi kas negara terkendali, tapi pemerintah tetap mewaspadai anggaran dalam dua bulan tersisa. Terutama pada pemangkasan anggaran. Hal ini memang sudah diputuskan, tapi tidak tertutup kemungkinan ada realisasi belanja yang di luar ekspektasi.

"Makanya ini perlu dipantau terus menerus," tegas Schneider. (mkl/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed