Follow detikFinance
Selasa 22 Nov 2016, 19:18 WIB

Laporan dari Singapura

Ke Singapura, Rini Soemarno Resmikan Data Center Baru Milik Telkom

Muhammad Idris - detikFinance
Ke Singapura, Rini Soemarno Resmikan Data Center Baru Milik Telkom Foto: Muhammad Idris
Singapura - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, hari ini berada di Singapura untuk meresmikan beroperasinya data center Telin-3 milik PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) yang berada di Jurong.

Menurut Rini, pembangunan data center Telkom di Negeri Singa tersebut jadi bukti semakin eratnya hubungan kedua negara. Data center baru juga bisa membantu bisnis perusahaan-perusahaan startup di Singapura maupun Asia Tenggara, yang umumnya yang tengah berkembang sangat pesat.

"Indonesia sudah membangun kerjasama dan hubungan diplomasi sejak tahun 1967. Saya percaya hubungan kedua negara akan semakin erat," kata Rini, saat di Suntec Exhibition Centre, Singapura, Selasa (22/11/2016).

"Presiden Joko Widodo juga bertemu dengan Perdana Menteri Singapura di Semarang beberapa waktu lalu, guna meningkatkan kerja sama perusahaan di kedua negara. Apalagi saat ini ekonomi digital di Singapura sendiri sedang berkembang pesat," tambahnya.

Ke Singapura, Rini Soemarno Resmikan Data Center Baru Milik TelkomFoto: Muhammad Idris


Sebagai informasi, data center ketiga tersebut dioperasikan anak usaha Telkom, Telekomunikasi Indonesia International Pte. Ltd. Singapore (Telin Singapore). Fasilitas ini sendiri merupakan data center ketiga milik Telin Singapore, setelah data center yang berada di Changi dan Tai Seng.

Telin-3 dirancang sebagai data center premium yang futuristik, dan merupakan data center pertama dan satu-satunya yang mendapat sertifikasi rancangan Tier-IV dari Uptime Institute (UTI), sebuah institusi data center yang memiliki reputasi internasional. Sertifikasi ini diberikan kepada Telin-3, yang telah memenuhi standar pengelolaan risiko yang ketat, dan jaminan keamanan data yang dibutuhkan beragam industri.

Dibangun 5 lantai di area seluas 20.000 meter persegi dan mengadopsi sistem multi-tier, Telin-3 menyediakan layanan yang fleksibel dengan sistem modular, sehingga pelanggan dapat memilih beragam layanan dengan variasi tier yang sesuai dengan kebutuhan bisnisnya.

Kehadiran Telin-3 melengkapi data center berkelas dunia yang telah dimiliki TelkomGroup, yang saat ini di Indonesia seluas 100.000 meter persegi dengan klasifikasi Tier-III yang berlokasi di Serpong Tangerang, Sentul, dan Surabaya. Juga klasifikasi Tier-IV yang berlokasi di Jatinegara, serta Data Center lainnya di banyak lokasi di area Jakarta.

Ke Singapura, Rini Soemarno Resmikan Data Center Baru Milik TelkomFoto: Muhammad Idris


Sementara itu, CEO Telin Singapore, Septika Widyasrini, mengatakan data center baru tersebut juga terhubung dengan jaringan serat optik bawah laut milik Telkom.

"Telin-3 juga merupakan penyedia carrier-neutral data center yang telah tersambung oleh jaringan serat optik domestik milik Telin Singapore. Telin-3 juga terhubung dengan jaringan kabel laut internasional milik Telkom Group, sehingga menjadikan posisinya sebagai global telecommunication hub," ujar Septika. (wdl/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed