Follow detikFinance
Sabtu 18 Mar 2017, 15:00 WIB

Investor Ritel Pasar Modal RI Tak Sampai 1% dari Jumlah Penduduk

Hendra Kusuma - detikFinance
Investor Ritel Pasar Modal RI Tak Sampai 1% dari Jumlah Penduduk Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus menggenjot jumlah investor domestik agar lebih banyak masuk pasar modal. Menurut Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK, Nurhaida, investor ritel domestik sekitar 1 juta investor.

Jumlah ini tak sampai 1% dari total penduduk di Indonesia.

"Kalau 1 juta investor, 0,39% jika dilihat dari 250 juta penduduk. Di negara lain itu bisa 20-30%, seperti di negara tetangga kita," ujar Nurhaida dalam acara J-Club Investing di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Sabtu (18/3/2017).

"Saya ingin cerita sedikit, pasar modal kita berkembang sangat baik, indeks rekor tertinggi dengan mencatat pertumbuhan jumlah investor ritel saat ini 1 juta investor," lanjut Nurhaida.

Pada 2015, jumlah investor ritel domestik hanya mencapai 400 ribu investor, dengan melakukan banyak sosialisasi mengenai literasi pasar modal, dalam dua tahun atau sampai saat ini menjadi 1 juta investor ritel domestik.

Nurhaida menjelaskan, kendala yang dihadapi saat ini adalah masih minimnya pemahaman masyarakat mengenai pasar keuangan ataupun pasar modal. Sampai saat ini hanya 4,4% yang paham pasar modal, dan yang memanfaatkan pasar modal hanya sebesar 0,25%.

"Kenaikannya luar biasa, jadi arah untuk meningkatkan literasi cukup pada track yang benar," ungkapnya.

Tidak hanya itu, jumlah emiten domestik saat ini sudah mampu mengimbangi jumlah emiten asing yang melantai di pasar modal Indonesia. Padahal, beberapa tahun yang lalu persentasenya masih 70% untuk emiten asing dan 30% untuk emiten domestik.

"Sekarang sudah imbang manfaat dari harga saham yang naik, ingin dimanfaatkan investor domestik, kita perlu bersama mendorong investor domestik makin banyak," tandasnya. (hns/hns)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed