Follow detikFinance
Sabtu 18 Mar 2017, 16:40 WIB

IHSG Cetak Rekor 5.540, OJK: Dana Asing Masuk Rp 2 Triliun

Hendra Kusuma - detikFinance
IHSG Cetak Rekor 5.540, OJK: Dana Asing Masuk Rp 2 Triliun Foto: Ari Saputra
Jakarta - Pada perdagangan akhir pekan ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mencatatkan rekor dengan menuturp perdagangan di posisi 5.540, atau lebih tinggi dari capaian yang sebelumnya tercatat pada 7 April 2015 yakni sebesar 5.523.

Menanggapi capaian itu, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Nurhaida, mengatakan rekor tersebut karena adanya dana asing yang masuk dengan jumlah sekitar Rp 2 triliun.

"Memang kemarin pedagangan net buy asing lumayan besar sebesar Rp 2 triliun lebih. Jadi sebetulnya memang rekornya pencapaian indeks karena banyak transaksi sehingga meningkat harga-harga, dan di antaranya ada asing masuk cukup besar Rp 2 triliun lebih," kata Nurhaida usai menghadiri acara J-Club Investing di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Sabtu (18/3/2017).

Perdagangan pada akhir pekan kemarin, Nurhaida mengungkapkan, perdagangan yang cukup besar terjadi karena memang kebutuhan dari investor yang meningkat signifikan.

"Sehingga harga-harga menjadi bagus, indeks yang mencapai rekor baru. Kalau lihat dari transaksi tentu dari domestik itu dan dari asing," jelasnya.

Baca juga: Tembus 5.540, IHSG Cetak Rekor Tertinggi Sepanjang Masa

Dengan rekor seperti ini, OJK akan mengusahakan agar pasar modal berjalan tetap kondusif, serta memberikan kemudahan-kemudahan bagi investor agar market nasional lebih menarik dan efisien.

Meski demikian, Nurhaida berpesan, pasar modal harus mengantisipasi perekonomian global yang masih menunjukkan ketidakpastian.

"Yang perlu kita antisipasi adalah Global, kalau global belum terlalu mendukung kita upayakan di domestik," tukasnya.

Asing mencatatkan beli bersih Rp 2,487 triliun dengan total transaksi sepanjang perdagangan hari ini Rp 12,3 triliun dengan volume perdagangan sebanyak 12,5 miliar lembar saham dan frekuensi perdagangan 346.314 kali transaksi.

Sebanyak 157 saham menguat, 151 saham melemah, 115 saham stagnan. Enam sektor saham menguat dipimpin sektor pertambangan sebesar 1,40% diikuti sektor keuangan sebesar 0,89% (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
BERITA TERBARU +