Follow detikFinance
Kamis, 23 Mar 2017 13:22 WIB

Begini Caranya Startup Bisa Tumbuh Jadi Perusahaan Besar

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Pemerintah tengah mendorong perkembangan UMKM atau startup sebagai salah satu faktor pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Di era tren transformasi digital saat ini, jumlah bisnis rintisan berbasis teknologi startup di dalam negeri terus mengalami perkembangan secara signifikan dan akan sangat berpengaruh terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia di masa depan.

Hanya saja, pengembangan bisnis startup di dalam negeri masih banyak kendala-kendala, mulai dari pelakunya sendiri seperti yang masih sulit mendapatkan akses permodalan, serta masih minimnya pengetahuan pelaku usaha mengenai cara pembuatan perusahaan.

Kali ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dan juga PT Bank Mandiri meluncurkan program inkubasi bisnis bagi startup di Indonesia.

"Inkubator ini sudah lama kita cita-citakan, untuk bisa membantu UMKM menjadi perusahaan besar terbuka," kata Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Nurhaida usai meresmikan IDX Incubator di Plaza Mandiri I, Jakarta, Kamis (23/3/2017).

Pada program inkubasi ini, para pelaku startup yang hanya memiliki ide namun tidak tahu langkah selanjutnya dalam mengembangkan isunya bisa mendapatkan binaan, pelatihan hingga diberikan cara bagaimana membuat laporan keuangan, dan bagaimana membuat perusahan terbatas (PT).

"Inkubator betul-betul bisa memberikan dan menjadi solusi soal masalah permodalan yang dialami UMKM dan memberikan binaan SDM, kita berharap pasar modal ingin menunjukan kita mendukung agar UMKM dan perusahaan startup bisa menjadi perusahaan besar," kata Nurhaida.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Bursa Efek Indonesia Tito Sulisto mengatakan, program inkubasi ini menjadi salah satu upaya pasar modal dalam mendorong dan mengembangkan startup menjadi perusahaan yang besar dan melantai di pasar modal.

Apalagi, kata Tito, dalam program inkubasi ini para startup yang terlibat akan dibina mulai dari membuat laporan keuangan, hingga siap go public.

"Jadi coba bayangin banyak kreatif yang punya ide di startup, tapi di rumah komputernya rebutan, ruangannya rebutan, wifi-nya maju mundur, di sini kita manjakan dengan fasilitas, kita sediakan makan minum, ini 7 hari seminggu, mereka tidak boleh terima tamu, di sini mereka kerja, di sana ada ruang ngobrol, kita harapkan dengan fasilitas ini akan diberikan pembelajaran seperti cara bikin lap keuangan, PT, nanti kita kenalkan, diharapkan berkembang," ungkapnya.

Tito menyebutkan, para pemilik ide bisa mendapatkan manfaat dalam mengembangkan idenya tersebut. Sebab, melalui program inkubasi bisnis ini akan diberikan pelatihan, bimbingan, akses pendanaan, serta penyelenggaraan acara yang berkaitan dengan startup.

"Keuntungannya apa, kalian anak-anak muda di rumah itu dia punya ide, ide ini bagaimana membuat teknologi berdasarkan perdagangan yang gampang, tapi wifi-nya enggak jalan, tempat enggak ada, enggak tahu cara bikin PT, enggak tahu cara berkenalan dengan angel investor, di sini kita ada tempat, di tengah kota, wifi-nya enggak putus-putus, dengan gitu dia bisa berkembang dan bisa maju, kita didik dan kita bina sekarang," tambahnya.

Bursa Efek Indonesia resmi meluncurkan program IDX Incubator yang merupakan program inkubasi bisnis bagi startup berbasis digital yang diinisiasi oleh Bursa Efek Indonesia untuk mengembangkan startup tidak hanya dari segi produk namun juga dari segala aspek bisnis.

IDX Incubator juga merupakan program pelatihan terstruktur antara lain training, workshop, mentoring dan event. Tahapan pelatihan dari program IDX Incubator antara lain, seperti idea validation di mana peserta akan memvalidasi ide atau proyek yang sedang dijalankan menjadi suatu ide atau proyek yang dapat direalisasikan.

Lalu product development, di mana pada tahapan ini peserta mengembangkan ide atau proyek yang telah divalidasi menjadi produk yang dapat digunakan. Selanjutnya, business development yang maka setelah ide atau proyek yang telah diimplementasikan, peserta akan diberikan pelatihan untuk mengembangkan bisnis dan pengetahuan seputar pasar modal. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed