Jelang Puasa, Saham Apa yang Bisa Beri THR Gede?

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 10 Apr 2017 14:08 WIB
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Meningkatnya konsumsi masyarakat di saat Ramadan, memberikan berkah bagi perusahaan-perusahaan di sektor tertentu. Penjualan yang meroket membuat para perusahaan tersebut mendulang cuan yang jauh lebih besar.

Tentu jika kinerja perusahaan bertambah baik akan mempengaruhi pergerakan saham dari perusahaan yang tercatat di pasar modal. Lalu saham apa kira-kira yang bakal mendapatkan berkah dari datang bulan Ramadan?

Menurut Analis Senior Binaartha Sekuritas Reza Priyambada ada beberapa sektor yang selalu menguat ketika Ramadan tiba. Sektor yang paling terlihat peningkatannya adalah sektor konsumer.

"Kalau dari sektoral itu memang terlihat bahwa dalam beberapa tahun terakhir memang masih konsumer yang masih menjadi leader, dibanding yang lainnya," tuturnya saat dihubungi detikFinance, Senin (10/4/2017).

Namun di sektor konsumer juga hanya emiten yang bergerak di bidang makanan dan minuman yang terpantau menguat setiap tahunnya saat Ramadan. Seperti di antaranya PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA) dan PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR).

"Karena anggapan pasar terutama pada saat Ramadan konsumsi masyarakat lebih tinggi. Data di Bank Indonesia (BI) uang beredar juga lebih banyak di bulan Ramadan," imbuhnya.

Selain itu, menurut Reza sektor industri dasar juga terlihat menguat saat bulan Ramadan. Namun ternyata penggeraknya bukan dari bahan baku konstruksi tapi bahan dasar produk pangan seperti PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN), PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA) dan PT Malindo Feedmill Tbk (MAIN).

"Selama ini kan pembobotan di papan bursa sektor industri dasar didominasi emiten semen, tapi ternyata jelang puasa industri dasar juga diminati, ternyata dari sub sektornya yang makanan olahan," tukasnya.

Hampir sama dengan Reza, Analis Danareksa Sekuritas Lucky Bayu Purnomo juga merekomendasikan saham-saham konsumer di saat bulan Ramadan. Selain itu dia juga merekomendasikan saham-saham yang bergerak di bidang ritel fesyen seperti PT Matahari Department Store Tbk (LPPF), PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS), PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) dan PT Mitra Adi Perkasa Tbk (MAPI)

"Sektor industri ritel kalau dilihat saat April hari ini sejalan dengan kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang menguat beberapa hari yang lalu," tuturnya. (ang/ang)