Follow detikFinance
Rabu 17 May 2017, 12:27 WIB

Masuk Indeks Global, 10 Saham Ini Berpotensi Diborong Asing

Danang Sugianto - detikFinance
Masuk Indeks Global, 10 Saham Ini Berpotensi Diborong Asing Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Sebanyak 10 saham dari emiten Indonesia masuk ke dalam jajaran saham Morgan Stanley Capital Internasional (MSCI) Global Small Cap Index. Perubahan ini mulai berlaku pada 31 Mei 2017.

Saham-saham RI yang masuk dalam indeks MSCI berkapitalisasi kecil di antaranya, PT Blue Bird Tbk (BIRD), PT Bumi Resources Tbk (BUMI), PT Delta Makmur Tbk (DOID), PT Harum Internasional Tbk (HRUM), PT Indofarma Tbk (INDF), PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC), PT MNC Investama Tbk (BHIT), PT Pelat Timah Nusantara Tbk (NIKL), PT Tunas Baru Lampung Tbk, dan PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP).

Tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi perseroan yang sahamnya masuk ke dalam jajaran indeks global tersebut. Sebab MSCI menjadi acuan bagi investor global dalam menambah portofolionya.

"Karena biasanya kalau fund dari luar mau masuk ke Indonesia acuannya itu MSCI," kata Analis Investa Saran Mandiri Hans Kwee saat dihubungi detikFinance, Rabu (17/5/2017).

Bagi investor asing yang menyerahkan manajemen portofolionya ke MSCI juga tentu dananya akan ditempatkan sesuai indeksnya. Sehingga kemungkinan besar saham-saham tersebut akan dibeli oleh investor asing.

"Jadi kalau saya portofolio di global kemudian saya mau masuk ke Indonesia, nah bobot Indonesia itu sama dengan yang ditetap MSCI untuk Indonesia. Jadi bakalan lebih banyak dipilih oleh asing saham-saham itu," tukasnya. (ang/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed