Follow detikFinance
Kamis 18 May 2017, 15:40 WIB

Belum Lapor Kinerja Keuangan, 74 Emiten Ini Bisa Didenda

Danang Sugianto - detikFinance
Belum Lapor Kinerja Keuangan, 74 Emiten Ini Bisa Didenda Foto: Ari Saputra
Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat hingga saat ini masih ada 74 perusahaan tercatat di pasar modal yang belum menyampaikan laporan keuangan kuartal I-2017. Padahal batas akhir penyampaian kuartal I-2017 berakhir di akhir April 2017.

BEI pun telah mengirimkan surat peringatan 1 kepada 74 perusahaan tersebut karena belum menyampaikan laporan keuangan interim kuartal I-2017. Sementara sebanyak 12 perusahaan berencana menyampaikan laporan keuangannya setelah ditelaah secara terbatas dan 8 perusahaan sudah menyatakan berencana menyampaikan laporan keuangan kuartal I-2017 audit.

"Jadi ada beberapa perusahaan, tapi sudah kita tanyakan ada sekitar 70-an," kata Direktur Penilaian Perusahaan Samsul Hidayat di Gedung BEI, Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Jika 74 emiten itu tidak menanggapi surat peringatan I itu maka BEI akan kembali melayangkan surat peringatan II, dan jika sudah sampai ke surat peringatan III maka BEI akan memberikan sanksi suspensi pada sahamnya dan mengenakan denda.

"Sebulan pertama peringatan pertama, peringatan kedua, baru peringatan ketiga kita nanti suspensi. Dari peringatan ketiga kita denda," imbuhnya.

Biasanya atas BEI menjatuhkan denda bagi emiten yang belum menyampaikan laporan keuangan sebesar Rp 150 juta. Dengan itu akan terus bertambah Rp 1 juta setiap bulannya jika masih belum melunasi denda tersebut. (ang/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed