Follow detikFinance
Kamis 15 Jun 2017, 21:09 WIB

BEI: Pilkada Serentak Tahun Depan Tak Akan Pengaruhi Pasar Modal

Danang Sugianto - detikFinance
BEI: Pilkada Serentak Tahun Depan Tak Akan Pengaruhi Pasar Modal Foto: Ari Saputra
Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) meyakini Pemilihan Kepala dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) serentak di tahun depan tidak akan mempengaruhi pasar modal Indonesia. Meskipun dikhawatirkan ada penarikan dana.

Direktur Utama BEI Tito Sulistio mengatakan, pasar modal Indonesia sudah mengalami banyak pengalaman pemilihan umum dan pilkada. Namun baru kali ini pasar modal menghadapi pilkada serentak. Dia memandang ada potensi penarikan dana sebagai modal kampanye.

"Historically, pilkada bursa tidak terpengaruh dengan situasi politik, yang saya tidak punya pengalaman nanti pilkada serentak. Artinya dulu kan dana yang keluar adalah dana dati bawah bantal semua, sekarang kan dari luar bantal semua. Itu yang kita tidak punya pengalaman sampai saat ini, apakah dana ini akan keluar," tuturnya di Gedung BEI, Jakarta, Kamis (15/6/2017).

Meski begitu, Tito menegaskan, bahwa pasar modal sudah terbukti kebal terhadap sentimen politik yang berlangsung pada saat pemilu maupun pilkada. Salah satu contohnya Pilkada DKI Jakarta yang begitu penuh gejolak, namun tidak begitu menggemparkan pasar modal.

"Pemilui 2009, 2004, pilkada dua kali, Ahok di penjara tidak ganggu kok," imbuhnya.

Selain itu, menurut Tito kondisi fundamental ekonomi RI saat ini juga dalam kondusi yang kondusif. Sehingga dia yakin pasar modal masih dalam tren yang poisitif.

"Politik tidak pernah mengganggu perdagangan bursa dan kita percaya confidence pemerintah, kemudian naiknya indeks dan semuanya menunjukan tanda baik," tukasnya. (dna/dna)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed