Follow detikFinance
Rabu 05 Jul 2017, 14:38 WIB

Dua Pekan Ini Saham Grup MNC Turun Terus, Ada Apa?

Danang Sugianto - detikFinance
Dua Pekan Ini Saham Grup MNC Turun Terus, Ada Apa? Foto: Ari Saputra
Jakarta - Saham-saham dari emiten MNC Group belakangan ini terlihat terus memerah. Sebagian entitasnya bahkan ada jatuh cukup dalam.

Menurut pemantauan detikFinance, hingga jeda siang ini beberapa saham MNC Group tengah menguat. Seperti PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) menguat 15 poin atau 0,87% ke Rp 1.735 dan PT MNC Sky Vision Tbk (MSKY) menguat 10 poin atau 1,02% ke level Rp 995.

Sementara beberapa saham MNC Group tak begerak dari penutupan perdagangan sebelumnya. Seperti PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) di level Rp 50, PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) Rp 1.580, PT MNC Land Tbk (KPIG) Rp 1.260, PT Global Mediacom Tbk (BMTR) Rp 570 per saham dan PT MNC Investama Tbk (BHIT) di Rp 119.

Namun jika dilihat dari perdagangan-perdagangan sebelumnya, saham-saham MNC Group yang menguat hari ini telah jatuh cukup dalam jika dilihat dalam dua pekan terakhir.

Seperti saham BMTR mulai melemah sejak 21 Juni 2017, saat itu turun 10 poin atau 1,61% ke Rp 610. Jika dihitung hingga hari ini BMTR telah melemah 40 poin sejak penutupan saat itu.

Sementara saham MNCN mulai melemah sejak 22 Juni 2017, saat itu saham ini tutun 55 poin atau 2,9% ke Rp 1.840. Jika dihitung sejak saat itu hingga saat ini MNCN telah jatuh 105 poin.

Menurut Analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada, saham MNC Group saat ini memang tengah terkena sentimen negatif dari beberapa pemberitaan.

Seperti pemberitaan CEO MNC Group Hary Tanoe yang ditetap sebagai tersangka atas kasus SMS ancaman sekitar 2 pekan lalu. Sejak saat itu saham-saham MNC Group mulai melemah.

Selain itu ditambah juga pemberitaan tentang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karyawan Koran Sindo secara sepihak. Hal itu seiring dengan penutupan kantor biro Koran Sindo di Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Barat, Medan, Palembang, Manado dan Makassar.

"Memang setahu saya karena masalah HT terseret kasus SMS yang akhirnya dinyatakan sebagai tersangka. Sekarang masalah PHK sepihak karyawan," tuturnya.

Meski begitu, menurut Reza pelemahan saham-saham MNC Group saat ini mulai rebound. Hal itu sesuai siklus perdagangan yang biasanya pelaku pasar melakukan aksi pembelian di saat harga di posisi terendahnya.

"Ada MNCN, MSKY, BMTR yang mulai rebound," tukasnya. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed