Tak Hanya Kasir, Pegawai Kantoran 7-Eleven Juga Tak Dapat Pesangon

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 01 Agu 2017 14:30 WIB
Foto: Danang Sugianto
Jakarta - Setelah mengumumkan penutupan seluruh gerai 7-Eleven (Sevel) di Indonesia, nasib keberadaan PT Modern Sevel Indonesia (MSI) tidak jelas. PT Modern Internasional Tbk (MDRN) selaku induk belum bisa memastikan apakah perusahaan tersebut akan beralih usaha atau tidak.

detikFinance hari ini mencoba menyambangi kantor PT MSI yang lokasinya sama dengan kantor sang induk usaha, tujuannya untuk menanyakan nasib karyawan Sevel di Indonesia. Namun ternyata bagian manajemen PT MSI sudah tidak ada lagi.

"Sevel tutup, MSI-nya juga tutup. Manajemennya sudah tidak ada, baik HRD, bagian finance sampai OB juga sudah tidak ada," kata sumber salah satu pegawai Modern Internasional kepada detikFinance di Kantor Pusat Modern Internasional di Matraman, Jakarta, Selasa (1/7/2017).

Menurut sumber tersebut, nasib dari karyawan PT MSI di bagian back office tidak jauh berbeda dengan karyawan di gerai-gerai Sevel. Mereka dikabarkan juga belum mendapatkan hak-haknya seperti gaji dan pesangon.

[Gambas:Video 20detik]

Ternyata juga aksi demonstrasi yang terjadi kemarin di kantor pusat Modern Internasional juga diikuti oleh karyawan back office. Mereka menuntut kejelasan hak-haknya.
"Ada dari HRD, acounting, finance, sampai kasir mereka demo di sini kemarin. Totalnya ada 209 orang," imbuhnya.

Sumber tersebut mengatakan, bahwa para pendemo sudah bertemu dengan jajaran direksi MSI. Namun belum jelas kesepakatan dari kedua belah pihak. (ang/ang)