Follow detikFinance
Jumat 04 Aug 2017, 18:43 WIB

IHSG Stagnan, Imbas Investor Tunggu Pengumuman Pertumbuhan Ekonomi

Danang Sugianto - detikFinance
IHSG Stagnan, Imbas Investor Tunggu Pengumuman Pertumbuhan Ekonomi Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Transaksi di pasar modal hari ini cenderung sepi. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pun kembali ditutup di zona merah dengan turun 3,09 poin atau 0,05% ke 5.777.

Hari ini telah terjadi transaksi sebanyak 5 miliar lembar saham dengan nilai Rp 4,6 triliun. Sementara investor asing tercatat melakukan aksi jual dengan catatan net foreign sell di seluruh pasar sebesar Rp 180,4 miliar.

Menurut Analis Investa Saran Mandiri Hans Kwee pelaku pasar memang saat ini cenderung menahan diri untuk melakukan transaksi. Banyak faktor yang mempengaruhi, salah satunya menanti data pertumbuhan ekonomi yang keluar minggu depan.

"Pelaku pasar memang masih terlihat wait and see, memang masih ada GDP yang ditunggu pasar," tuturnya saat dihubungi detikFinance, Jumat (4/8/2017).

Hans menilai pertumbuhan ekonomi di kuartal II tahun ini tidak akan signifikan jika memang ada kenaikan. Sebab jika dilihat dari 4 komponen pertumbuhan ekonomi salah satunya yakni konsumsi masyarakat terlihat melemah dan belanja pemerintah tidak begitu besar.

"Investasi tren meningkat, belanja pemerintah di kuartal II enggak terlalu kuat, konsumsi masyarakat kelihatan melemah, ekspor impor ada perbaikan di komoditas. Tapi karena impor juga sedikit melambat karena daya beli melemah, jadi kalaupun naik mungkin tipis. Sehingga data itu enggak akan besar pengaruhnya untuk menopang IHSG," imbuhnya.

Sementara itu, menurut Hans ada juga sentimen negatif dari eksternal. Bank Sentral Amerika Serikat (AS), The Fed menyatakan masih akan tetap menaikkan suku bunganya. Belum lagi ada pergolakan politik terkait kelanjutan kasus atas dukungan Rusia terhadap kemenangan Donald Trump di pemilu kemarin.

"Ini pasti mempengaruhi emerging market. Dalam beberapa pekan ini agak anomali AS menguat tapi market di Asia cenderung tertekan," tukasnya. (dna/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed