Follow detikFinance
Minggu 13 Aug 2017, 14:15 WIB

Cerita Darmin Kenal Investasi Saham dari Pemilik Bioskop

Danang Sugianto - detikFinance
Cerita Darmin Kenal Investasi Saham dari Pemilik Bioskop Darmin Nasution (Foto: Wahyu Daniel)
Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution berharap investasi di pasar modal modal bukan hanya bisa diakses oleh orang-orang berduit saja yang tinggal di kota besar, tapi juga masyarakat kecil yang berada di daerah.

Menurut Darmin peningkatan literasi investasi pasar modal untuk masyarakat daerah seharusnya bisa dilakukan.

Sebab sejak zaman dulu ternyata masyarakat sudah mengenal investasi saham, setidaknya itu dia ketahui menurut pengalamannya saat duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Darmin bercerita, dulu dia tinggal di sebuah desa terpencil di Sumatera Utara, sehingga terpaksa harus ngekos karena sekolahnya jauh dari desanya. Nah ternyata pemilik kosnya memiliki saham sebuah bioskop.

"Kampung saya itu enggak ada di peta, Google pun hanya membaca gunung di dekat kampung saya, tapi kampung saya enggak ada. Waktu SMP saya kost di kecamatan dan pemilik tempat saya kost itu pemegang saham dari bioskop di kecamatan dan ada warkatnya, saya lihat," kenangnya sebelum meresmikan Patung Banteng Wulung di Gedung BEI, Jakarta, Minggu (13/8/2017).

Darmin pun mengaku, gara-gara pemilik kosnya memegang saham bioskop, dia pun bisa menonton gratis di bioskop itu setiap minggu.

Kendati begitu, menurut Darmin, pengalamannya itu bisa menjadi bukti bahwa masyarakat di daerah sudah mengenal akan investasi saham. Oleh karena itu seharusnya bukan perkara sulit bagi PT Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk memperkenalkan investasi saham untuk warga desa dan menarik perusahaan kecil untuk mencari modal di bursa efek.

"Hebat sekali tahun 50an di pedalaman Sumatera ada proyek kecil kecamatan di biayai dengan saham yang dikumpulkan banyak pihak. Saya enggak tahu mekanismenya, apa harus ada underwriter, pasti tidak. Tapi saya kira tantangan buat kita adalah bukan hanya menciptakan produk baru, itu hebat, tapi lebih hebat lagi kalau bisa memobilisasi berbagai perusahaan mulai dari perusahaan besar sampai yang kecil," imbuhnya. (dna/dna)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed