Follow detikFinance
Jumat 18 Aug 2017, 19:41 WIB

Kok Bisa IHSG Cetak Rekor Meski Banyak Sentimen Negatif?

Danang Sugianto - detikFinance
Kok Bisa IHSG Cetak Rekor Meski Banyak Sentimen Negatif? Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini ditutup menguat tipis 0,03% ke level 5.893,841. Namun IHSG sempat mencetak rekor baru secara intraday di level 5.912,116.

Menurut Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama memandang, perdagangan hari ini memang tengah didera berbagai sentimen negatif, seperti teror di Barcelona, Spanyol. Hal itu membuat IHSG terpaksi turun kembali saat mencetak rekor.

"Di tengah ketidakpastian kondisi perekonomian global yang disebabkan oleh aksi terorisme yang terjadi di Barcelona, serta realisasi kebijakan ekonomi Presiden AS Donald Trump yang masih di bawah ekspektasi para pelaku pasar," tuturnya saat dihubungi detikFinance, Jumat (18/8/2017).

Sementara sentimen negatif tersebut beradu dengan sentimen positif dari pembacaan nota keuangan oleh Presiden Joko Widodo kemarin di DPR. Dalam RAPBN 2018 pemerintah mematok proyeksi pertumbuhan ekonomi 5,4% dengan kenaikan

"Sepertinya para pelaku pasar masih mengapresiasi pembacaan nota keuangan RAPBN 2018 oleh Presiden RI pada Sidang Tahunan MPR/DPR/DPD. Hal ini menggambarkan kondisi fundamental makroekonomi Indonesia yang cenderung stabil. Sehingga membuat IHSG bangkit dari pelemahan tadi pagi," tukasnya. (dna/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed