Follow detikFinance
Senin 21 Aug 2017, 14:35 WIB

Rombak Komisaris dan Direksi, Bakrie Sumatera Fokus Bereskan Utang

Danang Sugianto - detikFinance
Rombak Komisaris dan Direksi, Bakrie Sumatera Fokus Bereskan Utang Foto: dok. GAPKI
Jakarta - PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk (UNSP) hari ini menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Salah satu agendanya untuk merombak jajaran direksi dan komisaris.

Ada 4 komisaris dan 4 direksi yang keluar karena masa jabatannya telah habis. Lalu ada 3 nama baru di jajaran komisaris dan 2 orang baru di jajaran direksi.

Adapun 3 orang komisaris baru yakni Nalinkant A. Rathod sebagai Komisaris Utama, lalu Benny Theno dan Jhonny Widjaya sebagai komisaris. Sementara untuk jajaran direksi yang baru yakni Bayu Irianto sebagai Direktur Utama dan B.S. Vinayak selaku direktur.

Direktur dan Investor Relations Bakri Sumatera Plantation, Andi W. Setianto mengatakan, perombakan jajaran direksi dan komisaris salah satu tujuannya untuk memuluskan rencana perseroan untuk melakukan restrukturisasi utang.

"Pak Bayu Irianto dan Pak Nalinkant itu orang-orang yang sangat berpengalaman di pasar modal Indonesia maupun global. Jadi diharapkan dengan manajemen yang baru bisa lebih cepat untuk negosiasi dengan kreditur," tutur Andi di Aston Rasuna, Jakarta, Senin (21/8/2017).

Berdasarkan data laporan tahunan Bakrie Sumatera Plantations di 2016, perseroan memiliki total liabilitas sebesar Rp 13,5 triliun. Angka tersebut terdiri dari liabilitas jangka panjang Rp 3,2 triliun dan liabilitas jangka pendek sebesar Rp 10,3 triliun.

"Ekuitas kita di 2016 Rp 1,2 triliun, jadi lebih besar utang dari pada ekuitas. Utang ini yang harus dikurangi," tuturnya.

Perseroan berencana untuk mengurangi utang dengan mengubahnya menjadi saham. Saat ini perseroan tengah melakukan negosiasi dari para kreditur.

"Settlement-nya enggak mau jual aset, jadi konversi ke saham. Kami sudah reverse stock sekarang sudah likuid sahamnya di level Rp 200-an, tinggal negosiasi ke kreditur," tambah Andi.

Menurutnya direktur dan komisaris yang baru sangat mumpuni untuk menyukseskan restrukturisasi utang. Seperti Nalinkant yang dulunya komisaris di PT Bumi Resources Tbk (BUMI) yang kini sudah merampungkan restrukturisasi utangnya.

"Itu contohnya sudan berhasil restrukturisasi utang. Ini komitmen grup lebih serius untuk menyelesaikan negosiasi dengan kreditur. Mengikuti Bumi Resources yang sudah selesai, kita harapkan selesai tahun ini," tukasnya.

Berikut jajaran komisaris dan direksi Bakrie Sumatera Plantations yang baru:

Komisaris
Komisaris Utama: Nalinkant A. Rathod
Komisaris: Bobby Gafur Umar
Komisaris: Anindya N. Bakrie
Komisaris: Benny Thenno
Komisaris: Jhonny Widjaya

Direksi
Direktur Utama: Bayu Irianto
Direktur: B.S. Vinayak
Direktur: Andhika Andrayuda Bakrie
Direktur: Chenji Srinivasan Seshadri
Direktur: Andi W. Setianto (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed