Follow detikFinance
Rabu 20 Sep 2017, 11:10 WIB

Darmin Ingatkan Janji OJK Percepat Izin IPO Cuma 2 Minggu

Danang Sugianto - detikFinance
Darmin Ingatkan Janji OJK Percepat Izin IPO Cuma 2 Minggu Foto: Danang Sugianto/detikFinance
Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, ingin agar perusahaan-perusahaan yang ingin menyentuh pasar modal di permudah. Tidak hanya melakukan pencatatan saham perdana (initial public offering/IPO) tapi juga produk investasi lainnya seperti Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragun Aset (KIK EBA).

Menurut Darmin, Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang baru telah berjanji akan menyederhanakan proses perizinan perusahaan masuk ke pasar modal. Bahkan ditargetkan proses perizinan hanya akan memakan waktu kurang dari 2 minggu.

Hal itu pun diingatkannya lagi dalam acara pencatatan KIK EBA Danareksa Indonesia Power PLN1-Piutang Usaha (KIK EBA DIPP1). Kebetulan di acara itu juga hadir Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Hoesen.

"Pak Hoesen ini sudah berjanji menyerdahanakan betul proses untuk go public atau menerbitkan surat berharga lain. Janjinya kurang dari 2 minggu selesai," tuturnya di Gedung BEi, Jakarta, Rabu (20/9/2017).

Darmin ingin agar OJK benar-benar merealisasikan janji tersebut. Sebab proses perizinan di negara lain sudah jauh lebih cepat.

"Kalau benar, buat kita itu sudah membanggakan. Karena beberapa negara tetangga kita kira-kira ya 2 minggu. Kalau bisa kurang dari itu berarti kita bisa lebih cepat," imbuhnya.

Meski begitu, dia memberi apresiasi karena mulai maraknya produk sekuritisasi KIK EBA, seperti yang telah dilakukan oleh PT Jasa Marga Tbk (JSMR) dan PT PLN (Persero) melalui anak usahanya PT Indonesai Power (IP).

"Berikutnya kita masih perlu kembangkan instrumen lain. Masih ada instrumen yang sudah berkembang di berbagai negara lain yang di kita belum dilaksanakan," tegasnya. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed