Follow detikFinance
Rabu 20 Sep 2017, 11:52 WIB

Rini Minta Bank Mandiri Terbitkan Surat Utang Berbasis Pendapatan Gedung

Danang Sugianto - detikFinance
Rini Minta Bank Mandiri Terbitkan Surat Utang Berbasis Pendapatan Gedung Foto: Danang Sugianto/detikFinance
Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tengah mendorong para perusahaan plat merah untuk menghimpun dana dari pasar modal. Mereka didorong untuk menerbitkan berbagai jenis instrumen permodalan.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan pihaknya sudah mempersiapkan sederet BUMN menerbitkan instrumen permodalan. Salah satu yang terbaru mendorong BUMN untuk menerbitkan Dana Investasi Real Estate (DIRE) atau instrumen berbasis aset pendapatan gedung.

"Kita mempersiapkan DIRE, DIRE didorong pemerintah yang selama ini sudah terjadi di Singapura. Tapi ini pada dasarnya DIRE itu menggunakan pendapatan aset mungkin beberapa properti BUMN akan kita coba DIRE aset," tuturnya di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (20/9/2017).

Menurut Rini salah satu BUMN yang paling siap menerbitkan KIK DIRE yakni PT Bank Mandiri Tbk (BMRI). Dia memperkirakan penerbitan DIRE Bank Mandiri bisa dilakukan tahun ini.

"Kemungkinan besar Bank Mandiri gedung. Tahun ini insya Allah," imbuhnya.

Selain itu, Kementerian BUMN juga tengah mempertimbangkan para BUMN menerbitkan KIK EBA atas Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Sementara yang tengah berjalan atas penerbitan KIK EBA secara bertahap yang dilakukan oleh PT Jasa Marga dan PT Indonesia Power. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed