Follow detikFinance
Kamis 28 Sep 2017, 12:40 WIB

Rini: Jasa Marga, WIKA dan PLN Bakal Terbitkan Komodo Bond

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rini: Jasa Marga, WIKA dan PLN Bakal Terbitkan Komodo Bond Foto: Sylke Febrina Laucereno
Jakarta - Tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yaitu PT Jasa Marga (Persero), Tbk, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, dan PT PLN (Persero) dipersiapkan untuk penerbitan Komodo Bond. Namun, untuk tahun ini diupayakan terealisasi dari Jasa Marga dan WIKA.

Sedangkan PLN diupayakan bisa terealisasi pada kuartal I-2018.

"Bond yang ditawarkan, sedang kita persiapkan 3 JSMR, WIKA, dan PLN. Mungkin tahun ini dua, WIKA dan JSMR," ungkap Menteri BUMN Rini Soemarno, di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (28/9/2017).

Komodo bond merupakan jenis surat utang korporasi yang diterbitkan di luar negeri berdenominasi rupiah. Dalam prosesnya perlu ada pemeringkat internasional atas utang yang diterbitkan.

"Kan harus internasional rating makan waktu, dan diharapkan selesai pertengahan tahun depan. Jadi targetnya JSMR duluan, kita offering-nya first of week November," ujar Rini.

Rini optimistis surat utang tersebut akan diminati investor meskipun baru dilakukan pertama kali.

"Banyak foreign investor yang mau beli bond rupiah tapi enggak mau transaksinya di Indonesia, tapi di luar negeri, melalui euroclear. Ini yang kita coba grab," imbuhnya.

Belajar dari banyak perusahaan di negara lain, mekanisme tersebut sudah lazim dilakukan. Indonesia melalui BUMN bisa menerapkan sekarang untuk kebutuhan pendanaan infrastruktur.

"Lihat di beberapa negara perusahaannya sudah sukses, India dengan Marsala bond, China dengan Dimsum bond, jadi kenapa kita enggak bisa. Kebanyakan juga soal infrastruktur. Jadi kita melihat kenapa enggak kita coba. Jadi baru kemarin roadshow, ternyata mereka tertarik," pungkas Rini.

(mkj/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed