Follow detikFinance
Selasa 10 Oct 2017, 11:19 WIB

Garuda Kaji Ulang Rute Jakarta-London yang Kurang Untung

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Garuda Kaji Ulang Rute Jakarta-London yang Kurang Untung Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) mengkaji rute penerbangan langsung Jakarta-London. Sebab, penerbangan langsung ini tidak memberikan keuntungan bagi perseroan.

Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala Mansury mengungkapkan pada November mendatang akan dilakukan modifikasi rute penerbangan tersebut. Penerbangan dengan rute Jakarta-Singapura-London-Jakarta (CGK-SIN-LHR-CGK) tak lagi mampir di Singapura.

"Jadi, kalau saat ini, London per awal November nanti kami akan restrukturisasi dari rutenya. Tidak terbang melalui Singapore, per tanggal 2 November nanti kita akan terbang langsung ke sana. Kita juga akan mengkoneksikan rute ke London ini dengan ke Melbourne," kata Pahala di Gedung BEI, Jakarta, Selasa (10/10/2017).

Pahala menambahkan okupansi penumpang dari penerbangan langsung Jakarta-Singapura-London-Jakarta (CGK-SIN-LHR-CGK) tak begitu ramai. Sehingga perseroan memanfaatkan penumpang dari Melbourne yang ingin ke London dengan transit di Jakarta (CGK).

"Kalau cuma mengejar penumpang dari jakarta ke London saja kan kurang. Kalau bisa koneksikan Melbourne-Jakarta-London akan menambah jumlah penumpang kita juga," tutur Pahala.

Restrukturisasi rute ini dilakukan untuk mengurangi beban operasional perseroan. Dengan demikian diharapkan penumpang pesawat Jakarta ke London bisa bertambah dan menekan biaya operasi.

"Tapi ini salah satu rute yang kita lihat perbaikannya dengan cara terbang langsung ke sana, sehingga bisa mengurangi biaya. Bisa menambah penumpang dengan mengkoneksikan ke Melbourne," kata Pahala.

Anak usaha Garuda Indonesia, yaitu PT Citilink Indonesia juga memangkas sejumlah rute penerbangan, antara lain Balikpapan-Yogyakarta dan Jakarta-Palembang.

"Seperti misalnya di Balikpapan-Yogya, kemudian Jakarta (cengkareng)-Palembang, itu yang kita kurangi," tutup Pahala.

(ara/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed