Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 18 Okt 2017 20:02 WIB

Jadi 'Induk' Baru Indonesia AirAsia, Ini Rencana Rimau

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: (Masaul/detikTravel) Foto: (Masaul/detikTravel)
Jakarta - PT Rimau Multi Putra Pratama Tbk (CMPP) akan menjadi calon induk dari PT Indonesia AirAsia (IAA). CMPP akan membeli mayoritas saham IAA melalui skema konversi perpetual securities yang nilainya setara Rp 2,6 triliun.

Diakuisisinya AirAsia akan mengubah lini bisnis CMPP menjadi fokus ke bisnis penerbangan komersil. Komisaris Utama CMPP, Donny Petrus Pranoto mengatakan, Perseroan akan meningkatkan bisnis penerbangan AirAsia lewat penambahan armada dan rute, termasuk perluasan konektivitas ke luar negeri.

"Akan dikembangkan, diperbanyak armadanya, rutenya ke seluruh Indonesia, mungkin penerbangan ke luar negerinya diperbanyak," katanya saat ditemui di Marlynn Hotel, Jakarta, Rabu (18/10/2017).

Namun demikian, dia belum mau banyak bicara mengenai rencana bisnis perseroan setelah masuknya AirAsia ke dalam lini bisnis. Saat ini, fokus masih pada proses rights issue dan backdoor listing yang akan dilakukan AirAsia.

"Kita fokus di rights issuenya dulu," ujarnya singkat.

IAA sendiri akan menjadi entitas usaha CMPP satu-satunya setelah proses divestasi dua anak usahanya rampung.

"Pada saat IAA masuk, bersamaan itu pula kita akan divestasi dua anak usaha kita dan kita akan fokus ke industri penerbangan berjadwal komersial. Tapi secara tujuan usaha tetap bidang transportasi," tutup Donny. (eds/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed