Follow detikFinance
Sabtu 28 Oct 2017, 16:34 WIB

Kemerdekaan Catalonia Dideklarasi, Euro Melemah Terhadap Dolar

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kemerdekaan Catalonia Dideklarasi, Euro Melemah Terhadap Dolar Foto: (Thinkstock)
Jakarta - Nilai mata uang eropa, Euro sempat melemah tajam setelah parlemen Catalonia mengumumkan kemerdekaan wilayah itu dan memutuskan "cerai" dari Spanyol.

Mengutip Reuters, Euro memang sempat berada di level terendah sejak 3 bulan terakhir. Pada pukul 09.35 waktu setempat, Euro terkoreksi 0,5% menjadi 1,1590 per dolar AS.

Ini menunjukkan penurunan yang paling tajam selama 11 bulan terakhir. Parlemen Catalonia mendeklarasikan kemerdekaan dari Spanyol. Hal ini bentuk pembangkangan terhadap Pemerintah Madrid yang bersiap untuk menerapkan peraturan langsung atas wilayah tersebut.

Dilansir dari Reuters, deklarasi kemerdekaan itu dilakukan Jumat (27/10/2017) Gesekkan antara Parlemen Catalonia dan Pemerintah Madrid ini menimbulkan krisis politik terburuk Spanyol dalam 4 dekade.

Keputusan memisahkan diri dari Spanyol itu disahkan di Parlemen Catalonia di Barcelona. Parlemen mengatakan bahwa Catalonia merupakan negara demokratis yang independen dan berdaulat.


Seperti yang dilansir CNNMoney, Catalonia menyumbang hampir seperlima dari ekonomi Spanyol, dan memimpin semua wilayah dalam menghasilkan 25% barang ekspor negara tersebut. Ini memberikan kontribusi lebih banyak pada pajak sebesar 21% dari total negara.

Catalonia terbukti menarik untuk dijadikan tempat investasi, dengan hampir sepertiga dari semua perusahaan asing di Spanyol memilih ibu kota regional Barcelona sebagai pusat produksi mereka. Volkswagen dan Nissan misalnya, keduanya memiliki pabrik di dekat Barcelona. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed