Follow detikFinance
Rabu 15 Nov 2017, 15:14 WIB

Holding BUMN Tambang Hampir Jadi, DPR: Belum Disampaikan ke Kita

Danang Sugianto - detikFinance
Holding BUMN Tambang Hampir Jadi, DPR: Belum Disampaikan ke Kita Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Pemerintah semakin serius membentuk holding BUMN. Terlihat dari progres pembentukan holding BUMN tambang.

Beberapa BUMN pertambangan yakni PT Timah Tbk, PT Aneka Tambang Tbk (Antam) dan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) pun tengah bersiap menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Rapat tersebut guna meminta persetujuan pemegang saham lainnya atas perpindahan modal atau saham negara ke PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) yang akan menjadi induk.

Namun Komisi VI DPR RI mengaku tidak mendapatkan informasi dari pemerintah terkait langkah kongkrit tersebut. Hanya beberapa kali rapat secara umum pembentukan holding BUMN.

"Pemerintah belum menyampaikan ke kita hanya beberapa kali FGD saja," kata Anggota Komisi VI DPR Fraksi PDI-P, Aria Bima saat dihubungi detikFinance, Rabu (15/11/2017).


Mendengar hal itu, Komisi VI DPR RI, selaku mitra kerja Kementerian BUMN pun berencana menggelar rapat. Mereka akan membahas penting tidaknya pembentukan holding tersebut.

"Kita bukan melihat hukumnya, tapi melihat penting tidaknya holding BUMN energi dan pertambangan. Ini baru mau dikaji dan dirapatkan," imbuhnya.

Namun, Aria menegaskan bahwa dirinya belum berani menyatakan pendapatnya. Dia mewakili Komisi VI menyatakan bahwa DPR belum bisa menyatakan sikap atas pembentukan holding BUMN tambang tersebut.

"Nant dulu kita masih kaji. DPR belum punya sikap, masih baru mau bersikap. Nanti kita lihat, kajian korporasinya kita belum bisa komentar, kita masih mengumpulkan informasi," tandasnya.


Sekadar informasi, Antam, Timah dan PTBA akan menggelar RUPSLB. Salah satu mata acaranya yakni persetujuan perubahan anggaran dasar perseroan terkait perubahan status dari persero menjadi non-persero.

Hal itu sehubungan dengan peraturan pemerintah Indonesia tentang penambahan penyertaan modal negara (PMN) ke dalam modal saham PT Inalum yang menjadi Holding BUMN Tambang.

Ketiganya menggelar RUPSLB di hari dan tempat yang sama yakni Rabu 29 November 2017 di Hotel Borobudur, Jakarta. Hanya jam pelaksanaannya yang berbeda-beda. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed