Tahun Depan SMI Terbitkan Lagi Obligasi Rp 10 Triliun

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 16 Nov 2017 11:13 WIB
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) masih akan mengandalkan penghimpunan dana dari pasar modal, khususnya untuk membiayai proyek-proyek infrastruktur.

Baru saja, SMI mencatatkan Obligasi Berkelanjutan I Sarana Multi Infrastruktur Tahap II 2017 dengan nilai emisi Rp 7 triliun. Emisi tersebut bagian dari kelanjutan dari Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) Tahap I di 2016, dan bagian dari Penawaran Umum Obligasi Berkelanjutan I Sarana Multi Infrastruktur dengan total nilai emisi sebesar Rp 30 triliun.

Tahun depan BUMN pembiayaan infrastruktur ini juga masih berencana menerbitkan obligasi sebesar Rp 10 triliun yang akan dilakukan dalam dua tahap di semester I dan II 2018. Hal itu masih dalam serangkaian Penawaran Umum Obligasi Berkelanjutan tersebut.

"Tahun depan masih punya alokasi Rp 18 triliun, tapi kita perhatikan, minimal bisa ambil Rp 10 triliun. Itu disesuaikan dengan rencana perusahaan," Direktur SMI, Agresius R Kadiaman di Gedung BEI, Jakarta, Kamis (16/11/2017).

Tahun depan pihaknya menargetkan bisa membiayai proyek infrastruktur hingga Rp 50 triliun. Untuk tahun ini SMI yakni bisa membiayai proyek infrastruktur sebesar Rp 39,5 triliun.

Sementara hingga Oktober 2017, pembiayaan yang telah disalurkan SMI sekitar Rp 30 triliun. Adapun nilai aset perseroan saat ini sebesar Rp 55 triliun. (ang/ang)